INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA DAKWAH (STUDI PADA AKUN INSTAGRAM @MUBADALAH.ID MENGENAI NARASI MUSLIMAH BERKARIR DI RUANG PUBLIK)

Afifah, Zahro (2023) INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA DAKWAH (STUDI PADA AKUN INSTAGRAM @MUBADALAH.ID MENGENAI NARASI MUSLIMAH BERKARIR DI RUANG PUBLIK). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
FINAL SKRIPSI ZAHRO AFIFAH 4301090177 (1).pdf

Download (5MB)
[img] Text
FINAL SKRIPSI ZAHRO AFIFAH 4301090177 (1).pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini melakukan studi akun pada Instagram @mubadalah.id sebagai media dakwah, mengerucut pada konten dengan narasi muslimah berkarir di ruang publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi akun Instagram @mubadalah.id dalam menyajikan narasi muslimah berkarir di ruang publik. Dan untuk mengetahui bagaimana strategi akun Instagram @mubadalah.id merespon wacana khalayak yang terbelah dalam menanggapi mengenai narasi muslimah berkarir di ruang publik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Data yang sudah dihasilkan kemudian direduksi dan disajikan dalam bentuk narasi deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa narasi muslimah berkarir di ruang publik disajikan dengan bentuk infografis, menggunakan kalimat yang positif dan gambar ilustrasi yang mendukung. Wacana khalayak yang terbelah dalam menanggapi narasi muslimah berkarir di ruang publik terbagi menjadi respon positif dan respon yang kontra atau bertentangan. Komentar positif dituliskan dengan kalimat afirmasi dan dukungan untuk terus menyuarakan isu muslimah berkarir di ruang publik. Sedangkan komentar yang kontra dituliskan dengan pernyataan tidak setuju, pertanyaan terhadap narasi muslimah berkarir di ruang publik yang disajikan, dan ungkapan keraguan terhadap pemikiran perspektif mubadalah. Dalam merespon wacana khalayak yang terbelah, Instagram @mubadalah.id membalas sebagian komentar yang disampaikan dengan kalimat yang positif dan tidak memicu pertengkaran di dunia maya, dan memberikan ruang-ruang terbuka untuk khalayak berdiskusi mengenai narasi muslimah berkarir di ruang publik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Nov 2023 00:06
Last Modified: 01 Nov 2023 00:06
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18888

Actions (login required)

View Item View Item