PENGARUH RELIGIUSITAS DAN MANAJEMEN STRES TERHADAP KEBERMAKNAAN HIDUP PADA NARAPIDANA DI RUMAH TAHANAN (RUTAN) KELAS II-B KABUPATEN TEMANGGUNG

fatika, Vidia haya (2023) PENGARUH RELIGIUSITAS DAN MANAJEMEN STRES TERHADAP KEBERMAKNAAN HIDUP PADA NARAPIDANA DI RUMAH TAHANAN (RUTAN) KELAS II-B KABUPATEN TEMANGGUNG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI_VIDIA HAYA FATIKA_43040190038.pdf

Download (5MB)

Abstract

Fatika, Vidia Haya. 2023. Pengaruh Religiusitas dan Manajemen Stres terhadap kebermaknaan Hidup pada Narapidana di Rumah Tahanan (RUTAN) Kelas II-B Kabupaten Temanggung. Skripsi, Program Studi Psikologi Islam, Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Qurrotu Ayun, M.Psi. Kata Kunci: religiusitas, manajemen stres, kebermaknaan hidup, narapidana Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh religiusitas terhadap kebermaknaan hidup pada narapidana di Rutan Kelas II-B Kabupaten Temanggung, (2) pengaruh manajemen stres terhadap kebermaknaan hidup pada narapidana di Rutan Kelas II-B Kabupaten Temanggung, (3) pengaruh religiusitas dan manajemen stres terhadap kebermaknaan hidup pada narapidana di Rutan Kelas II-B Kabupaten Temanggung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, sampel pada penelitian ini berjumlah 63 narapidana. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan Skala Religiusitas, Skala Manajemen Stres dan Skala Kebermaknaan Hidup yang disusun sendiri oleh peneliti. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) terdapat pengaruh yang signifikan ( = 0,01,  0,05) dengan hasil thitung>ttabel (4,006>2,0003) religiusitas terhadap kebermaknaan hidup pada narapidana di Rutan Kelas II-B Kabupaten Temanggung, dan religiusitas berpengaruh terhadap kebermaknaan hidup sebesar 59,9%, (2) terdapat pengaruh yang signifikan ( = 0,01,  0,05) dengan hasil thitung>ttabel (8,669>2,0003) manajemen stres terhadap kebermaknaan hidup pada narapidana di Rutan Kelas II-B kabupaten Temanggung, dan manajemen stres berpengaruh terhadap kebermaknaan hidup sebesar 77,5%, (3) terdapat pengaruh signifikan ( = 0,001,  0,05) dengan hasil fhitung>ftabel (134,340>3,15) antara religiusitas dan manajemen stres secara simultan terhadap kebermaknaan hidup pada narapidana di Rutan kelas II-B Kabupaten Temanggung sebesar 81,7%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Nov 2023 00:10
Last Modified: 01 Nov 2023 00:10
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18889

Actions (login required)

View Item View Item