KONFLIK PERNIKAHAN DAN GAYA RESOLUSINYA PADA PASANGAN YANG MENIKAH DI USIA REMAJA (STUDI KASUS LIMA KELUARGA DI KOTA SALATIGA)

Hartatik, Dwi (2023) KONFLIK PERNIKAHAN DAN GAYA RESOLUSINYA PADA PASANGAN YANG MENIKAH DI USIA REMAJA (STUDI KASUS LIMA KELUARGA DI KOTA SALATIGA). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Dwi Hartatik-43040190227.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Dwi Hartatik-43040190227.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Dwi Hartatik-43040190227.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui gambaran konflik pada pasangan yang menikah pada usia remaja, faktor-faktor yang menjadi penyebab konflik, serta gaya resolusi konflik yang dipilih oleh pasangan yang menikah pada usia remaja di Kota Salatiga. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Sumber data ini meliputi sumber primer dan sumber sekunder. Sumber primer yaitu lima keluarga yang melaksanakan pernikahan di usia remaja. Sumber sekunder meliputi buku, jurnal, artikel yang berkaitan dengan topik penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilaukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) gambaran konflik pernikahan yang dialami lima keluarga yakni pada area pembagian pekerjaan rumah tangga, keuangan, hubungan keluarga besar, pola asuh anak, berbagai masalah lain yakni pada pembandingan penampilan dengan perempuan lain serta perubahan suasana hati menjadi buruk. Berdasarkan jenisnya konflik yang dialami termasuk kedalam motive conflict, zero sum zonlict, basic conflict, personality based, dan situasional conflict. (2) faktor yang melatarbelakangi terjadinya konflik pernikahan ialah tingkah laku yang tidak diinginkan, kesenjangan antara harapan dan performa, keberagaman nilai serta defisit komunikasi. (3) gaya resolusi dalam mengahadapi konflik yang terjadi pada lima keluarga berbeda-beda. Hal tersebut disesuaikan dengan adanya konflik yang terjadi. Gaya yang resolusi yang dipilih yakni gaya resolusi kompetitif, akomodasi, menghindar, kolaborasi, serta kompromi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Nov 2023 00:12
Last Modified: 01 Nov 2023 00:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18890

Actions (login required)

View Item View Item