PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTU MEDIA ANIMASI KELAS V SDIP H.M. SUBANDI

Akmila, Lukluk (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTU MEDIA ANIMASI KELAS V SDIP H.M. SUBANDI. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Lukluk Akmila.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Lukluk Akmila.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Lukluk Akmila.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Lukluk Akmila.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Lukluk Akmila.pdf

Download (7MB)

Abstract

Banyaknya peserta didik yang belum memenuhi KKM yang ditentukan sekolah diantaranya disebabkan oleh kurangnya guru dalam mengembangkan model dan media pendukung pembelajaran. Oleh karena itu, diperlakan model maupun media pembelajaran yang dapat menciptakan pembelajaran interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah dengan penerapan model pembelajaran discovery learning berbantu media animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA Materi Sistem Peredaran Darah kelas V SDIP H. Muhammad Subandi Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang memiliki 2 siklus dan terdiri dari empat tahapan. Tahapan tersebut yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian dengan menerapkan model discovery learning berbantu media animasi meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V SDIP Haji Muhammad Subandi Tahun Pelajaran 2022/2023. Terbukti dengan nilai rata-rata pada observasi yakni 73 mengalami peningkatan menjadi 78 pada siklus I dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 81. Kenaikan hasil belajar juga bisa dilihat dari presentase peningkatan hasil belajar siswa dari observasi ke siklus I yaitu sebesar 20,8% sedangkan dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 25%. Kenaikan tersebut didapat dari hasil belajar siswa sebelum diadakan tindakan sebesar 41,7% yang tuntas. Pada tahap siklus I terjadi kenaikan hasil belajar siswa sebesar 62,5% yang tuntas dan pada tahap siklus II kenaikan hasil belajar siswa sebesar 87,5%. Presentase ketuntasan tersebut dapat memenuhi indikator klasikal nasional yaitu ≥ 85%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Nov 2023 01:19
Last Modified: 01 Nov 2023 01:19
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18893

Actions (login required)

View Item View Item