EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KETERAMPILAN MENULIS PADA SISWA KELAS II MI MA’ARIF MANGUNSARI KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Handayani, Sherly (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KETERAMPILAN MENULIS PADA SISWA KELAS II MI MA’ARIF MANGUNSARI KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SHERLY HANDAYANI 23040190114-2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SHERLY HANDAYANI 23040190114-2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SHERLY HANDAYANI 23040190114-2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SHERLY HANDAYANI 23040190114-2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SHERLY HANDAYANI 23040190114-2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SHERLY HANDAYANI 23040190114-2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SHERLY HANDAYANI 23040190114-2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SHERLY HANDAYANI 23040190114-2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SHERLY HANDAYANI 23040190114-2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SHERLY HANDAYANI 23040190114-2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SHERLY HANDAYANI 23040190114-2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SHERLY HANDAYANI 23040190114-2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SHERLY HANDAYANI 23040190114-2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SHERLY HANDAYANI 23040190114-2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SHERLY HANDAYANI 23040190114-2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SHERLY HANDAYANI 23040190114-2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SHERLY HANDAYANI 23040190114-2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SHERLY HANDAYANI 23040190114-2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SHERLY HANDAYANI 23040190114-2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SHERLY HANDAYANI 23040190114-2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SHERLY HANDAYANI 23040190114-2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SHERLY HANDAYANI 23040190114-2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SHERLY HANDAYANI 23040190114-2.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Youtube dalam Pembelajaran Belajar Bahasa Indonesia Keterampilan Menulis Pada Siswa Kelas II MI Ma’arif Mangunsari Kota Salatiga. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen yaitu QuasiiExperimental. Penelitian ini menggunakan koefisien korelasi product moment dalam uji kevalidan, dan menggunakan Alfa Cornbach untuk uji keabsahan. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas, homogenitas, taraf kesukaran dan uji N-Gain. Hasilnya adalah terdistribusi normal dan homogen. Penelitian ini memakai uji t sebagai hipotesis. Dari hasil analisis menunjukkan hasil uji t-test keterampilan menulis dengan taraf signifikansi 5% diperoleh Nilai sig < 0,05 Berdasarkan tabel output hasil uji t, diperoleh nilai sig (2-tailed) = 0,005, yang < 0,05. Dan didukung dengan Uji N-Gain tingkat efektifitas penggunaan media audio visual berbasis youtube yaitu dengan hasil rata-rata Ngain score sebesar 0,56. Maka termasuk kategori sedang dan untuk nilai N-Gain Person sebesar 56,666 angka tersebut menunjukkan pengunaan media audio visual berbasis YouTube cukup efektif digunakan karena berada pada persentase 56-75. Perbedaan skor rata-rata post test terhadap hasil belajar menulis siswa pada kelompok eksplorasi dan kelompok kontrol. Kelompok eksplorasi yang memperoleh tindakan dengan memanfaatkan media audio visual berbasis YouTube memperoleh skor rata-rata sebesar 83,18, sementara kelompok kontrol dengan media konvensional memperoleh skor rata- rata sebesar 73,33.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Nov 2023 04:10
Last Modified: 01 Nov 2023 04:10
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18898

Actions (login required)

View Item View Item