KONSTRUKSI CITRA MASYARAKAT DESA WADAS KECAMATAN BENER KABUPATEN PURWOREJO DALAM PEMBERITAAN KONFLIK AGRARIA DI DETIK.COM

Istaufarrahmah, Arina (2023) KONSTRUKSI CITRA MASYARAKAT DESA WADAS KECAMATAN BENER KABUPATEN PURWOREJO DALAM PEMBERITAAN KONFLIK AGRARIA DI DETIK.COM. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Arina Istaufarrahmah 43010190079.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Skripsi Arina Istaufarrahmah 43010190079.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Skripsi Arina Istaufarrahmah 43010190079.pdf

Download (5MB)

Abstract

Istaufarrahmah, Arina. 2023. Konstruksi Citra Masyarakat Desa Wadas dalam Pemberitaan Konflik Agraria di Detik.com. Skripsi, Salatiga: Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Rifqi Fairuz, M.A. Kata kunci: konstruksi citra, pemberitaan, detik.com Konstruksi citra oleh media massa dapat menimbulkan perubahan pandangan pembaca berita yang awalnya buruk menjadi baik, begitu pula sebaliknya. Dengan demikian penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi Detik.com menggambarkan Masyarakat Desa Wadas dalam pemberitaan konflik agraria dan mengetahui strategi Detik.com mengkonstruksikan citra Masyarakat Desa Wadas dalam perspektif Analisis Wacana Kritis Theo van Leeuwen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode studi wacana. Adapun prosedur pengumpulan data menggunakan studi pustaka dan dokumentasi. Penulis menganalisis data berupa teks pemberitaan tentang konflik agraria dari Detik.com. Peneliti menggunakan pendekatan analisis wacana kritis Theo van Leeuwen untuk menemukan konstruksi citra masyarakat Desa Wadas dalam pemberitaan mengenai konflik agraria. Tahapan penelitiannya penulis mengumpulkan berita mengenai konflik agraria Desa Wadas oleh Detik.com, kemudian menyusun informasi secara sistematis agar diperoleh hasil sebagai temuan penelitian, dan yang terakhir menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberitaan konflik agraria Desa Wadas di Detik.com mengindikasikan adanya konstruksi citra. Warga Desa Wadas digambarkan sebagai pelaku kericuhan, lalu ditangkap oleh aparat karena kedapatan membawa senjata tajam. Melalui analisis wacana kritis Theo van Leeuwen, ditemukan proses eksklusi dan inklusi. Dari sini diketahui Detik.com cenderung menyorot masyarakat. Secara langsung dan tidak langsung, fokus pembaca akan tertuju kepada masyarakat Desa Wadas sehingga citra yang ditimbulkan menjadi berbeda.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Nov 2023 04:28
Last Modified: 01 Nov 2023 04:28
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18899

Actions (login required)

View Item View Item