Fauzi, Muhammad Rifqi (2017) Judul Skripsi : PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI CIRI – CIRI DAN KEBUTUHAN MAKHLUK HIDUP MELALUI PENERAPAN MODEL SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT PADA SISWA KELAS III MI IMAM PURO PUCANGAGUNG, KECAMATAN BAYAN, KABUPATEN PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
MUHAMMAD RIFQI FAUZI.pdf Download (4MB) |
Abstract
Abstrak : Rifqi Fauzi, Muhammad. 2017. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Ciri – ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup Melalui Penerapan Model Sains Teknologi Masyarakat pada Siswa Kelas III MI Imam Puro Pucangagung, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Dr. Budiyono Saputro, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Sains Teknologi Masyarakat. Kurangnya kualitas pendidikan masih menjadi masalah utama bagi bangsa Indonesia. Dengan cara berceramah/monoton, guru kurang efektif dan kreatif dalam menerapkan pembelajaran. Sudah menjadi kewajiban bersama bagi setiap warga negara Indonesia terutama guru untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Seiring dengan berkembangnya IPTEK untuk menciptakan sumber daya manusia berkualitas yang dapat berperan aktif dalam pembelajaran dan menerapkannya dalam kehidupan sehari – hari peneliti menerapkan model Sains Teknologi Masyarakat (STM) untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi ciri – ciri dan kebutuhan makhluk hidup pada siswa kelas III MI Imam Puro Pucangagung Kecamatan Bayan Kabupaten Purworejo Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III MI Imam Puro Pucangagung sejumlah 16 siswa yang terdiri dari 6 siswa laki – laki dan 10 siswa perempuan. PTK ini menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu tes tertulis, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan cara membandingkan pencapaian nilai prestasi belajar tiap siklus dengan menghitung kriteria ketuntasan siswa secara klasikal. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran STM dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pra siklus sebelum menerapkan model pembelajaran STM hanya 31,25% (5 siswa) yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sedangkan 68,75% (11 siswa) belum memenuhi KKM. Pada siklus I terjadi peningkatan tetapi belum mampu mencapai kriteria ketuntasan klasikal 56,25% (9 siswa yang tuntas) dengan nilai rata-rata 66,25 sedangkan pada siklus II siswa mampu mencapai kriteria ketuntasan klasikal sebesar 93,75% (15 siswa yang tuntas) dengan nilai rata-ratanya adalah 79,37. Dengan demikian, hasil belajar yang diperoleh siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 37,25%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 03 Nov 2017 08:59 |
Last Modified: | 03 Nov 2017 08:59 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1890 |
Actions (login required)
View Item |