PENANAMAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI METODE PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN PAI PADA SISWA KELAS VIII SMP N 1 AMBARAWA TAHUN AJARAN 2022/2023

Masfufah, Affiana Khoirul (2023) PENANAMAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI METODE PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN PAI PADA SISWA KELAS VIII SMP N 1 AMBARAWA TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS AFFIANA KHOIRUL M OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
TESIS AFFIANA KHOIRUL M OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penanaman Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Problem Solving dalam Pembelajaran PAI Pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Ambarawa Tahun Ajaran 2022/2023. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Pascasarjana Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Ruwandi, M.A Upaya dalam meningkatkan ketrampilan berpikir kritis dapat dilakukan dengan berbagi cara. Terdapat beberapa metode pembelajaran dalam menanamkan ketrampilan berpikir kritis dalam pembelajaran salah satunya yaitu metode problem solving (pemecahan masalah) yang diterapkan di SMP N 1 Ambarawa. Alasan penggunaan metode problem solving diterapkan di sekolah SMP N 1 Ambarawa dengan metode ini siswa untuk lebih meningkatkan kemampuan berpikir kritisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkritisi desain pembelajaran dan menganalisis faktor pendukung juga penghambat beserta solusinya mengenai kemampuan berpikir kritis melalui metode problem solving dalam pembelajaran PAI pada siswa kelas VIII di SMP N 1 Aambarawa tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yaitu untuk mengeksplor sebuah permasalahan dan fenomena sosial dengan mengembangkan pemahaman yang spesifik dari suatu fenomena. Pengumpulan data diperoleh dari wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Desain pembelajaran yang dilaksanakan meliputi (1) persiapan pengenalan model pemecahan masalah, pendekatan guru sebagian besar terfokus pada keaktifan guru dan ketika siswa dihadapkan pada suatu masalah, guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan nilai-nilai berpikir kritis sesuai indikator pencapaian kompetensi diperlukan panduan taksonomi bloom. (2) dalam pelaksanaannya, pembiasaan proses berpikir kritis dengan metode problem solving pada peserta didik akan melatih peserta didik untuk berpikir tingkat tinggi terhadap masalah yang diberikan. (3) Evaluasi diterapkan dengan menggunakan butir-butir soal dengan strategi penilaian yang sesuai dengan kompetensi inti dan dasar supaya terfokus terhadap penanaman berpikir kritis. Faktor pendukung (1) kurikulum yang relevan, (2) pemanfaatan inovasi teknologi dalam pendidikan, dan (3) musyawarah guru mata pelajaran. Kemudian pada pelaksanaannya yaitu (1) penguasaan materi, (2) supervisi, (3) lingkungan pembelajaran, dan (4) dukungan keluarga. Selanjutnya, pada evaluasi pengujian, pengukuran, dan penilaian. Kualitas butir instrumen tes secara kualitatif ditelaah dengan kaidah materi yaitu soal sesuai indikator. guru mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi kisis-kisi materi pembelajaran, dikarenakan kurangnya waktu, sumber belajar penunjang, mengukur karakter dan potensi anak untuk dilakukan pendekatan yang seperti apa demikian berfokus pada memikirkan perancangan sebelum pelaksanaan pembelajaran. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Problem Solving, HOTS, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Nov 2023 16:57
Last Modified: 01 Nov 2023 16:57
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18916

Actions (login required)

View Item View Item