Judul Skripsi :PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ENERGI DAN PENGGUNAANYA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING TOURNAMENT PADA SISWA KELAS IV MI SALAFIYAH TUKANGAN, CANDI, AMPEL, BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Sugiarti, Eni (2017) Judul Skripsi :PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ENERGI DAN PENGGUNAANYA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING TOURNAMENT PADA SISWA KELAS IV MI SALAFIYAH TUKANGAN, CANDI, AMPEL, BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SEKRIPSI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Abstrak : Sugiarti, Eni. 11513084. 2017. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Energi dan Penggunaanya dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Learning Tournament pada Siswa Kelas IV MI Salafiyah Tukangan, Candi, Ampel, Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Budiyono Saputro, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar IPA dan Strategi Learning Tournament Banyak permasalahan yang terkait dengan proses pembelajaran IPA. Salah satunya adalah rendahnya interaksi antara guru dengan murid, rendahnya hasil belajar siswa serta kurangnya kemampuan guru dalam menyampaikan materi pelajaran. Penyampaian pelajaran hanya melalui metode ceramah sehingga tidak ada kelompok kerja siswa. Hal ini membuat siswa menjadi bosan dan berujung banyak nilai yang kurang dari KKM. Peneliti memberikan alternatif permasalahan tersebut dengan meningkatkan hasil belajar menggunakan strategi pembelajaran learning tournament.Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan strategi pembelajaran learning tournament. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pada tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Salafiyah Tukangan dengan jumlah 14 siswa yang terdiri dari 7 laki-laki dan 7 perempuan. Data yang diperoleh berupa hasil tes dan lembar observasi kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dikatakan bahwa penggunaan strategi pembelajaran learning tournament dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi energi dan penggunaanya pada siswa kelas IV MI Salafiyah Tukangan, Candi, Ampel, Boyolali tahun pelajaran 2016/2017. Bukti adanya peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari meningkatnya nilai rata-rata dan presentase ketuntasan dari setiap siklusnya. Pada pra siklus nilai rata-rata yang didapat sebesar 52,14 meningkat 11,43 menjadi 63,57 pada siklus I. Selanjutnya pada siklus II meningkat sebesar 15,72 menjadi 79,29. Presentase ketuntasan pada pra siklus sebesar 21,42% meningkat 35,72% menjadi 57,14% pada siklus I selanjutnya pada siklus II presentase ketuntasan meningkat sebesar 35,72% menjadi 92,86%, dikarenakan presentase ketuntasan sebesar 92,86% ≥ 85% maka PTK yang dilakukan dinyatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Nov 2017 02:03
Last Modified: 06 Nov 2017 02:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1892

Actions (login required)

View Item View Item