STRATEGI GURU KELAS 5A DALAM MENGATASI MASALAH BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI MA’ARIF KUTOWINANGUN SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Arifatunnisa, Wury Novia (2023) STRATEGI GURU KELAS 5A DALAM MENGATASI MASALAH BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI MA’ARIF KUTOWINANGUN SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
WURY NOVIA ARIFATUNNISA 23040190106-1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
WURY NOVIA ARIFATUNNISA 23040190106-1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
WURY NOVIA ARIFATUNNISA 23040190106-1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
WURY NOVIA ARIFATUNNISA 23040190106-1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
WURY NOVIA ARIFATUNNISA 23040190106-1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
WURY NOVIA ARIFATUNNISA 23040190106-1.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Arifatunnisa, Wury Novia. Strategi Guru Kelas 5A dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di MI Ma’arif Kutowinangun Salatiga Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Salatiga: Progam Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Jurusan Guru Kelas. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Khulatul Lutfiah, M.Pd.I. Kunci: Strategi Guru, Masalah Kata Belajar, Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru kelas 5A dalam mengatasi masalah belajar siswa pada mata pelajaran matematika di MI Ma’arif Kutowinangun Salatiga tahun pelajaran 2022/2023 dan juga untuk mengetahui faktor pendukung serta faktor penghambatnya. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif. Subjeknya adalah guru matematika kelas 5A, siwa kelas 5A, dan Kepala Madrasah MI Ma’arif Kutowinangun Salatiga. Adapun prosedur pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data melaui tahap reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan: (1) Strategi guru kelas 5A dalam mengatasi masalah belajar siswa pada mata pelajaran matematika di MI Ma’arif Kutowinnagun Salatiga Tahun Pelajaran 2022/2023 meliputi merancang persiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika, menggunakan media pembelajaran matematika, memberikan soal sesuai dengan kemampuan siswa, memberikan contoh soal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, memberi kebebasan siswa untuk menyelesaikan soal sesuai dengan kemampuanya, menghilangkan rasa takut siswa untuk belajar matematika, melakukan wawancara kepada siswa untuk mengkomunikasikan kendala yang dihadapi dalam belajar matematika, menunjuk guru mapel sebagai pengampu matematika di kelas atas. (2) Adapun Faktor pendukungnya adalah menigkatnya semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran, tersedianya lingkungan sekolah yang mendukung pembelajaran, terjalinya hubungan baik antara madrasah dan masyarakat serta letak geografis yang strategis. (3) Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya kemampuan siswa dalam menguasai konsep dasar matematika, lingkungan keluarga yang tidak mendukung perkembangan belajar siswa serta terbatasnya sarana dan prasana pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Nov 2023 17:49
Last Modified: 01 Nov 2023 17:49
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18922

Actions (login required)

View Item View Item