PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BUDIDAYA BAWANG MERAH UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA PAKANG KECAMATAN ANDONG KABUPATEN BOYOLALI

, SITI SAROH HENI ZULLAIKOH (2023) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BUDIDAYA BAWANG MERAH UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA PAKANG KECAMATAN ANDONG KABUPATEN BOYOLALI. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi_Siti Saroh Heni Z 43030190073FIXS.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Skripsi_Siti Saroh Heni Z 43030190073FIXS.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Skripsi_Siti Saroh Heni Z 43030190073FIXS.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian membahas Pemberdayaan masyarakat melalui budidaya bawang merah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ada tiga rumusan masalah 1) Bagaimana proses pemberdayaan budidaya bawang merah dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Pakang, Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali? 2) Bagaimana dengan hasil pemberdayaan bawang merah di Desa Pakang, Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, penelitian ini menggali data yang bersumber dari Masyarakat Tani Bawang dengan menggunakan sumber data yaitu data primer yang meliputi pihak lembaga desa, anggota kelompok tani, penyuluh pertanian dan masyarakat tani sekitar. Dan juga data sekunder yang diperoleh berupa arsip atau dokumen mengenai kondisi desa Pakang, data penduduk desa. Pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian 1) budaya bawang merah terdiri dari beberapa pengelolaan yakni mula dari pengolahan tanah hingga tanah menjadi gembur dan siap untuk ditanami membutuhkan waktu sekitar 3-4 minggu, proses penanaman umbi bawang merah yang telah dikeringkan dan proses pemupukan memerlukan proses dan waktu yang cukup lama dan baik agar nantinya hasil yang didapar pasca panen memilii nilai jual yang tinggi, pupuk yang digunakan ialah pupuk organik dan non organik, bibit yang digunakan oleh masyarakat tani dalam proses budidaya bawang merah ialah bibit varietes bima dan juga bibit varites Thailand. Dengan adanya pemberdayaan masyarakat melalui budidaya bawang merah ini bertujuan utuk meretas atau mengondisikan masalah-masalah yang ada pada masyarakat mengani pendapatan ekonomi dan juga kesejahteraan dalam masyarakat. Hasil yang didapat dengan adanya pemberdayaan melalui poses budidaya bawang merah ini menjadikan pendapatan ekonomi dan juga kesejahteraan pada masyarakat mejadi lebih baik dari pada sebelumnya. 2) kegiatan pemberdayaan melalui budidaya bawang merah pada masyarakt desa pakang menunjukkan hasil dan partisipasi masyarakat yang baik dengan adanya pemberdayaan budidaya bawang merah. Terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh masyarakat dalam proses pemberdayaan budidaya bawang merah salah satunya yaitu kendala pada sumber daya keuangan atau modal dalam melakukan budidaya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu budaya
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Nov 2023 18:06
Last Modified: 01 Nov 2023 18:06
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18924

Actions (login required)

View Item View Item