PENGARUH MODAL KERJA, LUAS LAHAN, TENAGA KERJA DAN HARGA JUAL TERHADAP PENDAPATAN PETANI BAWANG MERAH (STUDI PADA DESA JATIREJO KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN DEMAK)

MUSNAINI, SITI SUMBER (2023) PENGARUH MODAL KERJA, LUAS LAHAN, TENAGA KERJA DAN HARGA JUAL TERHADAP PENDAPATAN PETANI BAWANG MERAH (STUDI PADA DESA JATIREJO KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN DEMAK). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SITI SUMBE.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SITI SUMBE.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SITI SUMBE.pdf

Download (4MB)

Abstract

Musnaini, Siti Sumber. 2023. Pengaruh Modal Kerja, Luas Lahan, Tenaga Kerja dan Harga Jual terhadap Pendapatan Petani Bawang Merah (Studi pada Desa Jatirejo Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi S1-Ekonomi Syariah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Abdul Aziz Nugraha Pratama, M.M. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh modal kerja, luas lahan, tenaga kerja, dan harga jual terhadap pendapatan petani bawang merah di Desa Jatirejo Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak agar dapat meningkatkan pendapatan petani. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh petani bawang merah di Desa Jatirejo Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak. Sampel penelitian ini sebanyak 80 orang yang diperoleh menggunakan perhitungan rumus slovin. Pengambilan sampel menggunakan metode sample random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan skala likert. Teknik analisis data dengan analisis regresi linier berganda menggunakan bantuan software SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Modal Kerja berpengaruh negatif signifikan terhadap Pendapatan Petani Bawang merah, Luas Lahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pendapatan Petani Bawang Merah, Tenaga Kerja berpengaruh postif dan tidak signifikan, Harga jual berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pendapatan Petani Bawang Merah. Kata kunci: Modal Kerja, Luas Lahan, Tenaga Kerja, Harga Jual, Pendapatan Petani.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Nov 2023 18:26
Last Modified: 01 Nov 2023 18:26
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18925

Actions (login required)

View Item View Item