PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DAN ZAKAT INFAK SEDEKAH (ZIS) DENGAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA SEBAGAI VARIABEL MODERASI TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2018-2021

Ali, Yahya Chaidir (2023) PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DAN ZAKAT INFAK SEDEKAH (ZIS) DENGAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA SEBAGAI VARIABEL MODERASI TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2018-2021. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
YAHYA_SKRIPSI_fiiix.pdf

Download (1MB)
[img] Text
YAHYA_SKRIPSI_fiiix.pdf

Download (1MB)
[img] Text
YAHYA_SKRIPSI_fiiix.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ali, Yahya Chaidir (2023). Pengaruh PAD (pendapatan asli daerah) dan ZIS (Zakat, infak dan sedekah) dengan IPM (indeks pembangunan manusia) sebagai variabel moderasi terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Semarang 2018- 2021. Skripsi , Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Progam Studi S1 Ekonomi Syariah, Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing : Taufikur Rahman M.Si Penelitian ini dilakukan guna mengetahui bagaimana pengaruh PAD (pendapatan asli daerah), ZIS (Zakat, infak dan sedekah) dan IPM (indeks pembangunan manusia) dengan variabel moderasi terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Semarang 2018-2021. Penelitian ini menggunakan data dalam bentuk time series. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi langsung ke lembaga terkait BASNAZ, BAPPEDA, BPS. Pengolahan data menggunakan alat bantu eviews 10. Dalam penelitian ini menggunakan tehnik sampling jenuh, dengan mengambil keseluruhan sampel untuk diteliti. Tehnik analisis yang digunakan adalah uji stasioner, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda dan uji MRA. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa Pendapatan Asli Daerah berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Zakat infak sedekah berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Indeks Pembangunan Manusia tidak dapat memoderasi PAD terhadap pertumbuhan ekonomi. Indeks Pemabangunan Manusia tidak dapat memoderasi ZIS terhadap pertumbuhan ekonomi. Kata kunci : Pendapatan Asli Daerah, Zakat Infak Sedekah, Indeks Pembangunan Manusia, Pertubuhan Ekonomi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Nov 2023 19:44
Last Modified: 01 Nov 2023 19:44
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18933

Actions (login required)

View Item View Item