PEMBERDAYAAN IBU RUMAH TANGGA DALAM PENINGKATAN EKONOMI KELUARGA MELALUI INDUSTRI RUMAHAN KERAJINAN TAS DI DESA BUNGO KECAMATAN WEDUNG KABUPATEN DEMAK

Rohim, Ahmad (2023) PEMBERDAYAAN IBU RUMAH TANGGA DALAM PENINGKATAN EKONOMI KELUARGA MELALUI INDUSTRI RUMAHAN KERAJINAN TAS DI DESA BUNGO KECAMATAN WEDUNG KABUPATEN DEMAK. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI AHMAD ROHIM 43030190058.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI AHMAD ROHIM 43030190058.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI AHMAD ROHIM 43030190058.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI AHMAD ROHIM 43030190058.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI AHMAD ROHIM 43030190058.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI AHMAD ROHIM 43030190058.pdf

Download (3MB)

Abstract

Rohim, Ahmad. 2023. Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Dalam Peningkatan Ekonomi Keluarga Melalui Industri Rumahan Kerajinan Tas di Desa Bungo Kecamatan Wedung Kabupaten Demak. Skripsi, salatiga: pengembangan masyarakat islam dakwah universitas agama islam negeri salatiga. Pembimbing: Dra. Sri Suparwi, M.A. Kata Kunci: Pemberdayaan, Ibu Rumah Tangga, Industri Rumahan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pemberdayaan ibu rumah tangga dalam upaya peningkatan ekonomi keluarga dan mengetahui hasil dari pemberdayaan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif, yaitu dengan melakukan pengamatan dan wawancara langsung guna untuk melihat sejauh mana proses yang dilakukan oleh Industri Rumahan Krajinan tas serta melihat hasil yang diproleh masyarakat sekitar industri rumahan. Hasil penelitian ini yaitu Proses pemberdayaan yang dilakukan oleh industri rumahan kerajinan tas melalui 3 tahap yang pertama, tahap penyadaran dengan cara pemilik mengajak masyarakat sekitar yang sehari-hari tidak ada kegiatan tambahan selain mengurus rumah tangganya. Kemudian pemilik industri rumahan berinisiatif untuk mengajak bergabung di industri rumahan kerajinan tas. Kedua tahap transformasi bisa disebut dengan tahap meningkatkan kemampuan, pengetahuan serta keterampilan masyarakat sekitar industri rumahan. Pemilik Industri Rumahan memberikan pelatihan menjahit tas sesuai pesanan dan mengemas tas yang sudah siap dipasarkan. Pelatihan di industri rumahan kerajinan tas biasanya memberikan pelatihan kepada calon karyawannya selama 3 hari. Ketiga tahap intelektual di mana pemberdaya memberikan motivasi kepada karyawan industri rumahan kerajinan tas guna meningkatkan kemampuan yang dimiliki agar berdaya dan mandiri. Hasil yang diperoleh para pengrajin tas setelah bergabung dengan industri rumahan kerajianan tas adalah karyawan industri rumahan mampu membeli kebutuhan sehari-hari misalnya seperti belanja kebutuhan untuk makan sehari-hari seperti beras, sayuran, lauk dan lains ebagainya. Selain itu dapat memberikan uang jajan ke anaknaya serta membantu prekonomian keluaganya. Di sini juga terdapat peningkatan ekonomi selama bergabung di Industri Rumahan Kerajinan Tas yang sebelumnya karyawan tidak memiliki motor dan setelah adanya pemberdayaan tersebut karyawan dapat membeli dengan cara kredit dan membeli beberapa barang lain yang mereka butuhkan. Hasil dari para karyawan Industri Rumahan Kerajinan Tas ini mereka mampu mencukupi kehidupan keluarganya, membantu prekonomian suami dan masih bisa menabung walaupun sedikit-sedikit.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Nov 2023 20:28
Last Modified: 01 Nov 2023 20:28
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18938

Actions (login required)

View Item View Item