Mukhlis, Abdul (2017) Judul Skripsi : PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQH MATERI KHILAFAH DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS ICT PADA SISWA KELAS XII IPS I MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) TENGARAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI-Abdul Mukhlis (111-13-243).pdf Download (5MB) |
Abstract
Abstrak : Mukhlis, Abdul. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqh Materi Khilafah dengan Pembelajaran Berbasis ICT pada Siswa Kelas XII IPS I Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tengaran Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga 2017. Pembimbing: Imam Mas Arum, M.Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Berbasis ICT Penelitian ini merupakan upaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII IPS I MAN Tengaran pada mata pelajaran Fiqh dengan model pembelajaran berbasis Information and Comunication Technology (ICT). Masalah utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah: Apakah penggunaan model pembelajaran berbasis Information and Comunication Technology (ICT) dalam pembelajaran Fiqh dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII IPS I MAN Tengaran Tahun Pelajaran 2017/2018?. Guna menjawab pertanyaan tersebut peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan 2 siklus. Setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari 1) Planning, untuk mengidentifikasi masalah dan merencanakan kegiatan pembelajaran, dan membuat instrumen penelitian lainya. 2) Acting, melaksanakan pembelajaran pada mata pelajaran Fiqh Materi Khilafah. 3) Observing, pengambilan data tentang hasil belajar melalui tes dan lembar pengamatan. 4) Reflecting, menganalisis data hasil pengamatan. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XII IPS I MAN Tengaran yang berjumlah 30 siswa, yang terdiri 13 laki-laki dan 17 perempuan. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan model pembelajaran berbasis Information and Comunication Technology (ICT) pada saat pembelajaran Fiqh. Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan menunjukkan bahwa hasil penerapan pembelajaran berbasis Information and Comunication Technology (ICT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siklus I, II, dengan hasil nilai rata-rata mengalami peningkatan. Pada pra siklus sebesar 61,16 menjadi 78,00 pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 83,46. Untuk angka ketuntasan belajar siswa dari pra siklus kesiklus I naik menjadi 22 anak atau sebesar 73% dan menjadi 26 anak pada siklus II atau sebesar 87%. Jadi dari pra siklus sampai siklus II sudah memenuhi indikator keberhasilan sebesar 80%. Peningkatan nilai rata-rata menunjukkan model pembelajaran berbasis Information and Comunication Technology (ICT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 06 Nov 2017 02:10 |
Last Modified: | 06 Nov 2017 02:10 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1894 |
Actions (login required)
View Item |