Fitrianti, Arsi (2023) PENDIDIKAN AHLUSSUNAH WAL JAMAAH DAN SIKAP CINTA DAMAI PADA SISWA DI MTs SA PANCASILA TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Arsi Fitrianti-23010190303 skripsi.pdf Download (3MB) |
|
Text
Arsi Fitrianti-23010190303 skripsi.pdf Download (3MB) |
Abstract
Fitrianti, Arsi. 2023. Pendidikan Ahlussunah wal Jamaah dan Sikap Cinta Damai Pada Siswa di MTs SA Pancasila Salatiga Tahun 2023. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Syaefudin Achmad, M.Pd. Kata Kunci: Pendidikan, Ahlussunah Wal Jamaah, Sikap Cinta Damai. Penelitian ini memiliki empat tujuan, di antaranya: (1) Untuk mengetahui bagaimana pendidikan ahlussunah wal jamaah pada siswa MTs SA Pancasila Salatiga tahun ajaran 2022/2023, (2) Untuk mengetahui bagaimana sikap cinta damai pada siswa MTs SA Pancasila Salatiga tahun ajaran 2022/2023, (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pendidikan ahlussunah wal jamaah dan sikap cinta damai pada siswa MTs SA Pancasila Salatiga tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek yang digunakan sebanyak 7 orang terdiri dari 3 guru dan 4 siswa di Mts SA Pancasila Salatiga. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini, di antaranya: (1) Pelaksanaan pendidikan ahlussunah wal jamaah di MTs SA Pancasila Salatiga dengan melakukan pembelajaran di kelas dan juga kegiatan rutinan seperti sholat dhuha berjamaah, membaca asmaul husna, sholat dhuhur berjamaah, ziaroh kubur dan ngaji bandongan, (2) Pelaksanaan sikap cinta damai pada siswa di MTs SA Pancasila Salatiga yaitu melakukan 3 s (senyum, salam, sapa), mengajak siswa untuk berpakaian rapi, mengikuti sosialisasi yang berkaitan dengan sikap cinta damai, apel pagi, (3) Faktor pendukung pendidikan ahlussunah wal jamaah dalam pembentukan sikap cinta damai meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang mendukung pendidikan ahlussunah wal jamaah dan sikap cinta damai yaitu kesadaran dari siswa yang sudah besar. Faktor eksternal seperti visi dan misi madrasah, tata tertib sekolah yang menjadi pedoman pendidikan ahlussunah wal jamaah, dan lain-lain. Faktor penghambat pendidikan ahlussunah wal jamaah dalam pembentukan sikap cinta damai meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor penghambat yang berasal dari internal yaitu keberagaman karakter siswa yang berbeda-beda, kurangnya kesadaran siswa tentang pentingnya pendidikan ahlussunah wal jamaah dan sikap cinta damai, dan lain-lain. Adapun faktor eksternalnya yaitu ketersediaan buku pembelajaran yang masih terbatas, waktu pembelajaran yang hanya 1 jam pelajaran dalam seminggu, kurangnya kesadaran siswa tentang pentingnya sikap cinta damai, dan lain-lain.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 01 Nov 2023 20:42 |
Last Modified: | 01 Nov 2023 20:42 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18940 |
Actions (login required)
View Item |