STRATEGI POLA ASUH ORANG TUA PEKERJA PABRIK DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Anthony, Albarra Rifqi (2023) STRATEGI POLA ASUH ORANG TUA PEKERJA PABRIK DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Albarra_ Arc Tesis - Eps (END) BURN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Albarra_ Arc Tesis - Eps (END) BURN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Albarra_ Arc Tesis - Eps (END) BURN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Albarra_ Arc Tesis - Eps (END) BURN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Bentuk pola asuh orang tua pekerja pabrik dalam membentuk kemandirian belajar mata pelajaran matematika ; 2) Strategi pola asuh orang tua pekerja pabrik dalam membentuk kemandirian belajar mata pelajaran matematika; 3) Implementasi pola asuh orang tua pekerja pabrik dalam membentuk kemandirian belajar mata pelajaran matematika. Penelitian ini adalah Penelitian kualitatif menggunakan jenis studi kasus,. Subjek penelitian ini terdiri dari 6 responden yaitu wali murid kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Sruwen I Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang. Jenis penelitian berupa kualitatif studi kasus. Prosedur penelitian terdiri dari teknik pengumpulan data berupa angket, observasi, dan wawancara. Instrumen berupa soal angket dan lembar butir pertanyaan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yakni reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pola asuh orang tua pekerja pabrik dalam membentuk kemandirian belajar mata pelajaran matematika di Madrasah Ibtidaiyah Sruwen I Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang termasuk kategori pola asuh Authoritative dan Permisive. Strategi pola asuh orang tua pekerja pabrik dalam membentuk kemandirian belajar mata pelajaran matematika di Madrasah Ibtidaiyah Sruwen I Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang yakni 1) komunikasi kepada anak akan membentuk kemandirian belajar; 2)memberikan aturan yang jelas baik di rumah, aturan belajar dan aturan bermain; 3) pemberian sanksi dan memberikan hadiah. Implementasi pola asuh orang tua pekerja pabrik dalam membentuk kemandirian belajar mata pelajaran matematika di Madrasah Ibtidaiyah Sruwen I Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang yakni implementasi pola asuh authoritative memberikan peraturan yang dikomunikasikan dengan jelas, memberikan penghargaan untuk perilaku yang baik, melakukan pengambilan keputusan dengan diskusi antara orang tua dan anak. Sedangkan implementasi pola asuh permisive memberikan aturan yang tidak dikomunikasikan dengan jelas dan tidak dipaksa, menerima semua tingkah laku anak (baik maupun buruk), menuruti dan membebaskan kemauan anak. Orang tua pekerja pabrik dalam mengimplementasikan pola asuh authoritative termasuk kategori baik karena melakukan beberapa hal yang sesuai dengan indikator penelitian untuk membentuk kemandirian belajar pada mata pelajaran matematika. Sedangkan orang tua yang melakukan hal-hal yang tertuang pada indikator permisif perlu adanya kesadaran dan meningkatkan komunikasi kepada anak untuk meningkatkan kemandirian belajar pada mata pelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Nov 2023 20:46
Last Modified: 01 Nov 2023 20:46
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18941

Actions (login required)

View Item View Item