PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN OLEH GURU KELAS SEKOLAH DASAR DAN MADRASAH IBTIDAIYAH DESA DADAPAYAM KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2023

ISMAWATI, ARLINDA AMALIA (2023) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN OLEH GURU KELAS SEKOLAH DASAR DAN MADRASAH IBTIDAIYAH DESA DADAPAYAM KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi fiks Arlinda Amalia Ismawati.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ismawati, Arlinda Amalia. 2023. Problematika Pengajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Oleh Guru Kelas di Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Fatkhur Rozi, M. Pd. Kata Kunci: Pengajaran PJOK; Guru kelas; Sekolah Dasar; Madrasah Ibtidaiyah Problematika Studi ini bertujuan untuk memahami kesulitan yang dihadapi oleh guru kelas dalam melaksanakan pengajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) pada tingkat pendidikan dasar. Penelitian ini berupaya untuk memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang tantangan dalam pengajaran PJOK oleh guru kelas dan mendorong upaya peningkatan kualitas pembelajaran PJOK pada tingkat pendidikan dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Dengan pengumpulan data melalui kegiatan wawancara, observasi dan dokumentasi. Fenomenologi digunakan untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang situasi di lapangan, memungkinkan peneliti untuk mengeksplorasi problematika yang dihadapi oleh guru kelas dalam pengajaran PJOK dan dampaknya terhadap tujuan pembelajaran. Hasil penelitian ini mengungkapkan atas fenomena ketiadaan guru PJOK mengharuskan empat dari lima sekolah di SD dan MI Dadapayam untuk mengisi kekosongan formasi tersebut agar pembelajaran PJOK tetap berlangsung. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru kelas terkendala dalam beberapa hal, diantaranya: kompetensi yang tidak sesuai dengan prodi, perlu adaptasi, kurangnya skill dan pemahaman mengenai PJOK, minat dan karakter anak beragam, kemampuan anak yang beragam serta sarana prasarana.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Nov 2023 21:20
Last Modified: 01 Nov 2023 21:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18945

Actions (login required)

View Item View Item