PENCAIRAN DANA PAYLATER MELALUI JASA GESEK TUNAI DITINJAU DARI PERSPEKTIF FIQH MUAMALAH (Studi Kasus di Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta)

, Dea Puspita Elsania (2023) PENCAIRAN DANA PAYLATER MELALUI JASA GESEK TUNAI DITINJAU DARI PERSPEKTIF FIQH MUAMALAH (Studi Kasus di Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
DEA PUSPITA ELSANIA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Elsania, Dea Puspita. 2023. Pencairan Dana Paylater Melalui Jasa Gesek Tunai ditinjau dari Perspektif Fiqh Muamalah. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Nurrun Jamaludin, M.H.I. Kata Kunci: Paylater, Gesek Tunai, Fiqh Muamalah, Marketplace Akulaku Perkembangan media digital sangat berpengaruh terhadap transaksi perekonomian, khususnya dalam jual beli. Pada saat ini telah banyak marketplace sebagai tempat untuk jual beli online. Pada beberapa marketplace khususnya Akulaku menyediakan fitur paylater yaitu sebuah fitur yang dikeluarkan oleh perusahaan digital yang bertujuan untuk menalangi pembayaran pembelian produk menggunakan limit paylater, kemudian tagihan dibayarkan dengan sistem tunda bayar pada bulan selanjutnya ataupun dicicil sesuai tenor jatuh tempo tertentu. Namun, terdapat fenomena lain yang dilakukan oleh masyarakat, khususnya di Kec. Wanayasa, Kab. Purwakarta, yakni melakukan gesek tunai paylater melalui jasa gesek tunai. Gesek tunai paylater sendiri merupakan sebuah transaksi yang bertujuan untuk mencairkan limit paylater menjadi uang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik pencairan dana paylater melalui jasa gesek tunai, dan bagaimana tinjauan fiqh muamalah mengenai akad ijarah terhadap praktik pencairan dana paylater melalui jasa gesek tunai. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian non-doktrinal (penelitian lapangan/ field research). Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis-empiris yang mengkaji fiqh muamalah mengenai akad ijarah terhadap praktik pencairan dana Paylater melalui Jasa Gesek Tunai. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yakni praktik gesek tunai paylater akulaku yang dilakukan antara penjual jasa gesek tunai dan pengguna jasa gesek tunai dilakukan dengan dua cara. Cara yang pertama yakni dengan melakukan proses jual beli suatu barang melalui checkout payment pada marketplace akulaku ataupun pada marketplace lain seperti tiktokshop, kemudian dilakukan pemesanan barang dengan menggunakan metode pembayaran akulaku paylater. Cara gesek tunai paylater yang kedua yakni dengan melakukan scan QRIS. Dalam transaksi tersebut terjadi manipulasi atau jual beli fiktif, karena dalam proses pemesanan suatu barang pada marketplace disertai pemberitahuan pemesanan barang, pengiriman barang, hingga barang diterima oleh pengguna jasa. Namun, pada faktanya pengguna jasa tidak mendapatkan barang apa pun. Hal tersebut bertentangan dengan fiqh muamalah mengenai akad ijarah, karena tidak memenuhi salah satu rukun dan syarat ijarah yang mewajibkan objek akad harus sesuai dengan syara’.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Nov 2023 21:44
Last Modified: 01 Nov 2023 21:44
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18947

Actions (login required)

View Item View Item