PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PAI MATERI AKHLAK TERCELA DENGANMETODE JIGSAW LEARNING PADA SISWA KELAS VIII C SEMESTER I SMP NEGERI 04 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Rofiqoh, Dwi Wahyu (2017) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PAI MATERI AKHLAK TERCELA DENGANMETODE JIGSAW LEARNING PADA SISWA KELAS VIII C SEMESTER I SMP NEGERI 04 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (4MB)

Abstract

Wahyu Rofiqoh, dwi. 2017. Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Akhlak Tercela Melalui Metode Jigsaw Learning Pada Siswa Kelas VIII C Semester I SMP Negeri 4 Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra Urifatun Anis. Kata Kunci: Prestasi Belajar. Pendidikan Agama Islam dan Jigsaw Learning Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahya prestasi belajar siswa SMP Negeri 4 Salatiga pada pembelajaran PAI. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah kurangnya varian metode yang digunakan oleh guru saat pembelajaran. Metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran adalah metode konvensional yaitu ceramah. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah Apakan jigsaw learning dapat meningkatkan prestasi belajar PAI pada siswa kelas VIII C semester I SMP Negeri 4 Salatiga. Tahun Pelajaran 2017/ 2018. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 4 Salatiga dengan jumlah siswa sebanyak 32 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini diketahui bahwa pada prasiklus yang mencapai KKM sebanyak 11 siswa atau 34,75% dengan nilai rata-rata 60,62 pada siklus I yang mencapai KKM sebanyak 20 siswa atau 62,5% dengan nilai rata-rata 72,81 dan siklus II yang mencapai KKM sebanyak 28 siswa atau 87,5%. Nilai rata-rata yang dihasilkan pada siklus II ini sebanyak 86,25 menunjukkan bahwa telah mencapai KKM individu yaitu 75. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan menerapkan metode jigsaw learning dapat meningkatkan prestasi belajar PAI materi akhlak tercela pada siswa kelas VIII C semester I SMP Negeri 4 Salatiga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Nov 2017 02:17
Last Modified: 06 Nov 2017 02:17
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1895

Actions (login required)

View Item View Item