PEMENUHAN HAK DAN KEWAJIBAN ORANG TUA TERHADAP ANAK DALAM KELUARGA TUNA SUSILA PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN ANAK NOMOR 23 TAHUN 2002 (STUDI KASUS WILAYAH DI PONCOL KECAMATAN SEMARANG UTARA KOTA SEMARANG)

hibatullah, Rizqi dhafin (2023) PEMENUHAN HAK DAN KEWAJIBAN ORANG TUA TERHADAP ANAK DALAM KELUARGA TUNA SUSILA PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN ANAK NOMOR 23 TAHUN 2002 (STUDI KASUS WILAYAH DI PONCOL KECAMATAN SEMARANG UTARA KOTA SEMARANG). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI_compressed.pdf

Download (495kB)
[img] Text
SKRIPSI (2)_compressed.pdf

Download (850kB)
[img] Text
SKRIPSI (2)_compressed.pdf

Download (850kB)
[img] Text
SKRIPSI (2)_compressed.pdf

Download (850kB)

Abstract

Hibatullah, Rizqi, Dhafin. 2023. Pola Pengasuha Anak Dalam Keluarga Tuna Susila Perspektif Undang-Undang Perlindungan Anak Nomor 23 Tahun 2002 (Studi Kasus Wilayah Poncol Kecamatan Semarang Utara, Kota Sematang). Skripsi. Fakultas Syariah. Program Studi Hukum Keluarga Islam. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Nor Mohammad Abdoeh, S.H.I., M.H.I. Kata Kunci: Hak dan Kewajiban, Keluarga Tuna Susila, Undang-Undang Perlindungan Anak Nomor 23 Tahun 2002 Pola asuh adalah metode yang digunakan orang tua untuk mempersiapkan anggota keluarganya. Pola asuh yang benar berdampak pada pertumbuhan anak. Sedangkan kenakalan remaja boleh jadi merupakan praktek pola asuh yang salah. Dalam beberapa bulan yang lalu pihak Polrestabes Semarang menangkap 5 tersangka pelajar yang terlibat tawuran antar sekolah dikarenakan faktor balas dendam dan telah menewaskan seorang pelajar. Melihat fenomena yang terjadi di Semarang tentunya menjadi perhatian yang sangat penting bagi orang tua dalam mengasuh dan mendidik. Tentunya dalam hal ini keberadaan orang tua sangat berperan penting dalam mendidik anak walaupun orang tua sebagai yuna susila. Rumuasan masalah pada penelitian ini antara lain: Bagaimana pola praktik pengasuhan orang tua tuna asusila terhadap anak Di Daerah Poncol? Dan bagaimana praktik pengasuhan orang tua tuna susila terhadap anak Di Daerah Poncol perspektif Undang-Undang Perlindungan Anak Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research). Penelitian lapangan merupakan penelitian yang berfokus pada konteks individu, kelompok, organisasi, situasi sosial, dan interaksi sosial. Adapun pada penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis normatif dengan aturan Undang Undang Perlindungan Anak Nomor 23 Tahun 2002. Penelitian ini menggunakan dua sumber data, yaitu data primer yang berupa data hasil wawancara pada obyek penelitian dan data sekunder yang berupa Undang-Undang Perlindungan Anak Nomor 23 Tahun 2002 dan dokumen resmi yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian menujukan bahwa pola pengasuhan keluarga tuna susisla di wilayah Poncol menurut Undang-Undang Perlindungan Anak nomor 23 Tahun 2002, beberapa dari mereka yang memperlakukan anak dengan benar tanpa mengambil atau menyalahgunakan hak anak. Maka dapat disimpulkan bahwa masih ada beberapa yang belum melakukan kewajibannya sebagai orang tua untuk mengasuh, mendidik, dan melindungi anak. Maka Ketika kewajiban tidak dipenuhi oleh orang tua maka anak tidak mendapatkan hak sepenuhnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Nov 2023 21:59
Last Modified: 01 Nov 2023 21:59
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18951

Actions (login required)

View Item View Item