Rosyidi, Muhammad (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PPKN TEMA 7 SUB TEMA 2 MATERI INDAHNYA HIDUP BERBHINNEKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG PADA SISWA KELAS VB MI MA’ARIF ROWOSARI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Muhammad_Rosyidi_23040190028_1[1].pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Muhammad_Rosyidi_23040190028_1[1].pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Muhammad_Rosyidi_23040190028_1[1].pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Muhammad_Rosyidi_23040190028_1[1].pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Muhammad_Rosyidi_23040190028_1[1].pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Muhammad_Rosyidi_23040190028_1[1].pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Muhammad_Rosyidi_23040190028_1[1].pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Muhammad_Rosyidi_23040190028_1[1].pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Muhammad_Rosyidi_23040190028_1[1].pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Muhammad_Rosyidi_23040190028_1[1].pdf Download (4MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran PPKn tema 7 subtema 2 materi indahnya hidup berbhinneka menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan media teka-teki silang pada siswa kelas VB MI Ma’arif Rowosari Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) melalui langkah perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VB MI Ma’arif Rowosari yang berjumlah 18 siswa. Instrumen penelitian berupa RPP, lembar kerja siswa, lembar observasi guru dan siswa, serta lembar evaluasi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Data analisa menggunakan rumus presentase, apabila ketuntasan belajar siswa secara klasikal ≥85% maka siklus dihentikan. Peningkatan ketuntasan didapat dengan membandingkan hasil nilai pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Keberhasilan dibuktikan dengan melihat setiap siklusnya. Bermula hanya 44,4% siswa yang tuntas, pada siklus I menunjukkan bahwa nilai siswa meningkat untuk mencapai batas ketuntasan klasikal 55,6% atau 10 siswa yang tuntas dengan rata-rata nilai 72,2 sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 94,4% atau 17 siswa tuntas mencapai batas nilai dengan nilai rata-rata 87,2. Sehingga penelitian ini dihentikan pada siklus II karena sudah lebih dari target ketuntasan yang telah ditetapkan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 01 Nov 2023 22:59 |
Last Modified: | 01 Nov 2023 22:59 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18952 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |