Pengaruh Husnuzan dan Dukungan Teman Sebaya terhadap Kecemasan Menghadapi Masa Depan pada Remaja yang Tinggal di Panti Asuhan Darul Hadlanah NU Kota Salatiga

, ZAHRA ERWINA VIRASAFITRI (2023) Pengaruh Husnuzan dan Dukungan Teman Sebaya terhadap Kecemasan Menghadapi Masa Depan pada Remaja yang Tinggal di Panti Asuhan Darul Hadlanah NU Kota Salatiga. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI_ZAHRA ERWINA VIRASAFITRI_43040190136_PI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Virasafitri, Zahra Erwina. 2023. Pengaruh Husnuzan dan Dukungan Teman Sebaya terhadap Kecemasan Menghadapi Masa Depan pada Remaja yang Tinggal di Panti Asuhan Darul Hadlanah NU Kota Salatiga. Tahun 2023. Skripsi, Salatiga: Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Agus Hermawan, M.A. Kata Kunci: husnuzan, dukungan teman sebaya dan kecemasan Penelitian dalam skripsi ini memiliki beberapa tujuan, yaitu (1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh husnuzan terhadap kecemasan menghadapi masa depan pada remaja yang tinggal di Panti Asuhan Darul Hadlanah NU Kota Salatiga, (2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dukungan teman sebaya terhadap kecemasan menghadapi masa depan pada remaja yang tinggal di Panti Asuhan Darul Hadlanah NU Kota Salatiga, dan (3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh husnuzan dan dukungan teman sebaya terhadap kecemasan menghadapi masa depan pada remaja yang tinggal di Panti Asuhan Darul Hadlanah NU Kota Salatiga. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian kausalitas (hubungan sebab-akibat). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh remaja berusia 11-21 tahun yang terdata aktif di Panti Asuhan Darul Hadlanah NU Kota Salatiga yang berjumlah 30 orang. Teknik yang digunakan untuk menentukan jumlah sampel adalah teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan skala husnuzan, dukungan teman sebaya dan kecemasan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh negatif dan signifikan husnuzan terhadap kecemasan menghadapi masa depan pada remaja yang tinggal di Panti Asuhan Darul Hadlanah NU Kota Salatiga. Hal tersebut dapat diartikan bahwa apabila husnuzan meningkat, maka kecemasan menghadapi masa depan akan menurun, (2) terdapat pengaruh negatif dan signifikan dukungan teman sebaya terhadap kecemasan menghadapi masa depan pada remaja yang tinggal di Panti Asuhan Darul Hadlanah NU Kota Salatiga. Hal tersebut dapat diartikan bahwa apabila dukungan teman sebaya meningkat, maka kecemasan menghadapi masa depan akan menurun, dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara husnuzan dan dukungan teman sebaya terhadap kecemasan menghadapi masa depan pada remaja yang tinggal di Panti Asuhan Darul Hadlanah NU Kota Salatiga. Hal ini ditunjukkan melalui hasil uji regresi X1 dan X2 terhadap Y sebesar 0,000<0,05. Husnuzan dan dukungan teman sebaya memiliki besaran pengaruh 43,7% terhadap kecemasan menghadapi masa depan pada remaja yang tinggal di panti asuhan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Ha terbukti dan diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Nov 2023 23:37
Last Modified: 01 Nov 2023 23:37
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18953

Actions (login required)

View Item View Item