LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING ISLAM UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA N 1 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG

DIFIANI, RETNO (2023) LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING ISLAM UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA N 1 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI RETNO DIFIANI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
RETNO DIFIANI 23080190077 BKPI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
RETNO DIFIANI 23080190077 BKPI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
RETNO DIFIANI 23080190077 BKPI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
RETNO DIFIANI 23080190077 BKPI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
RETNO DIFIANI 23080190077 BKPI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menemukan data tentang kesulitan belajar siswa, mendekripsikan pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik modelling Islam pada siswa, menganalisis efektifitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling Islam terhadap penurunan kesulitan belajar pada siswa kelas XI SMA N 1 Tengaran. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif eksperimen menggunakan one group pretes-posttest design dengan melakukan tes sebelum dan sesudah adanya perlakuan. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu menggunakan kuesioner skala kesulitan belajar. Subjek yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 2 dengan populasi 30 siswa dan sampelnya 15 siswa. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data yang terkumpul kemudian diuji dengan uji paired sampel t-test.. Hasil penelitian ini menunjukan tingkat kesulitan belajar siswa kelas XI dibagi menjadi 3 tingkatan yaitu tingkat rendah terdapat 0 siswa, kategori sedang terdapat 16 siswa dan kategori tinggi 14 siswa. Pelaksanaan teknik modelling Islam pada siswa menggunakan layanan bimbingan kelompok yaitu dilakukan 2 kali treatment, treatment yang pertama peneliti menjelaskan pengertian dan tujuan bimbingan kelompok, menjelaskan penyebab rendahnya kesulitan belajar. treatment yang kedua peneliti meminta siswa melihat tayangan video pendek dengan topik pertama “Cara agar bersemangat dalam belajar”. dan topik yang kedua “Antara malas dan tekad”. Analisis data menggunakan uji t dua sampel berpasangan (paired sampel t-test). Hasil nilai rata-rata pretest lebih besar dari nilai rata-rata postest, hal ini menunjukan penurunan hasil kesulitan belajar siswa sesudah diterapkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling Islam, hal tersebut dibuktikan bahwa nilai uji t sebesar 241.000 dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian, pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling Islam efektif atau berpengaruh dalam mengatasi kesulitan belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2023 02:53
Last Modified: 02 Nov 2023 02:53
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18961

Actions (login required)

View Item View Item