Strategi Pemberdayaan Paguyuban Keluarga Besar Karanggede "PAKDHE" Dalam Bidang Pertanian dan Peternakan di Masyarakat Kec. Karanggede Kab. Boyolali Jawa Tengah

Maoelana, Zulfahmi (2023) Strategi Pemberdayaan Paguyuban Keluarga Besar Karanggede "PAKDHE" Dalam Bidang Pertanian dan Peternakan di Masyarakat Kec. Karanggede Kab. Boyolali Jawa Tengah. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI ZULFAHMI FIKS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui peran paguyuban "Pakdhe" dalam mengembangkan masyarakat di Kec.karanggede, Boyolali. (2) Untuk mengetahui proses paguyuban Karang Gede “Pakdhe” dalam mengembangkan pertanian dan peternakan (3) Untuk mengetahui hasil pengembangan masyarakat melalui peran paguyuban Penelitian ini menggunakan pendekatan secara deskriptif. Penelitian deskriptif merupakan pendekatan penelitian dimana fokus penelitian dilakukan di dalam fenomena yang terjadi baik oleh individu atau kelompok. Karakteristik dari pendekatan secara deskriptif sendiri adalah data yang diperoleh berupa kata- kata, dan gambar (Rusandi dan Rusli, 2021: 49). Paguyuban memberikan pengaruh terhadap perkembangan kesejahteraan masyarakat yang ada di kecamatan karanggede dan untuk anggota yang ikut dalam paguyuban. Dalam penelitian ini paguyuban karang gede ini berfokus ke 2 sektor yaitu peternakan dan juga pertanian. dalam bidang pertenakan, paguyuban juga memberi arahan untuk menanam rumput odot dan indigofera untuk membuat lumbung pangan agar masyarakat tmandiri dan dibidang pertanian juga memberikan arahan untuk membuat pupuk kompos, penanaman rumput odot dan indigofera dan juga terkhusus di boyolali utara ini terutama kec. karanggede ini juga susah dalam air maka dari itu memberikan solusi dalam masalan perairan ini seperti pengeboran sumur resapan maupun tampung hujan.

Item Type: Thesis (Other)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2023 10:14
Last Modified: 02 Nov 2023 10:14
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18974

Actions (login required)

View Item View Item