Pola Komunikasi Pengurus Yayasan Al-Murtadlo Dalam Meningkatkan Kesadaran Orang Tua Di Madrasah Diniyyah Dukuh Pungkursari

, Ridlo Emil Wymantoro (2023) Pola Komunikasi Pengurus Yayasan Al-Murtadlo Dalam Meningkatkan Kesadaran Orang Tua Di Madrasah Diniyyah Dukuh Pungkursari. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Ridlo Emil Wymantoro 43010160062.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ridlo Emil Wymantoro 43010160062.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ridlo Emil Wymantoro 43010160062.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ridlo Emil Wymantoro 43010160062.pdf

Download (3MB)

Abstract

Wymantoro, Ridlo Emil. 2023. POLA KOMUNIKASI PENGURUS YAYASAN AL-MURTADLO DALAM MENINGKATKAN KESADARAN ORANG TUA DI MADRASAH DINIYYAH DUKUH PUNGKURSARI. Skripsi. Fakultas Dakwah. Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam. Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Alfi Qonita Badi’ati, M.SI Kata Kunci : Pola Komunikasi, Kesadaran, dan Madrasah Diniyyah. Penelitian ini memiliki tujuan mendeskripsikan mengenai pola komunikasi pengurus Yayasan Al-Murtadlo dalam meningkatkan kesadaran orang tua di madrasah diniyyah dukuh pungkursari. Permasalahan utama yang ingin dijawab pada penelitian ini yaitu 1. Bagaimana pola komunikasi pengurus yayasan dalam meningkatkan kesadaran orang tua 2. Apa saja faktor yang berpengaruh terhadap peningkatan kesadaran orang tua untuk menyekolahkan di madrasah diniyah al-Murtadlo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, sumber data diperoleh dari pengurus Yayasan Al-Murtadlo, orang tua, dan alumni madrasah diniyyah Al-Murtadlo. Metode dalam memperoleh data tersebut dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah ditemukan 2 pola komunikasi yang terjadi diantara pengurus Yayasan dan orang tua, orang tua kepada anaknya dan pengurus langsung melakukan komunikasi dengan anak atau calon santri. Yang pertama ada pola komunikasi rantai ini diawali oleh pengurus yang melakukan pendekatan kepada orang tua calon santri lalu orang tua menyampaikan kepada anaknya. Kedua pola komunikasi dua arah yang mana pengurus langsung melakukan pendekatan kepada anak melalui kegiatan yang diadakan oleh Yayasan. Dari 2 pola komunikasi tersebut terbentuklah sebuah komunikasi verbal yaitu melakukan kunjungan ke rumah-rumah disekitar Yayasan Al-Murtadlo. Faktor yang berpengaruh terhadap peningkatan kesadaran orang tua yaitu: pengenalan anak dengan Tuhannya, membentuk karakter baik anak, dan membentuk dasar keimanan yang kuat untuk anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2023 10:53
Last Modified: 02 Nov 2023 10:53
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18975

Actions (login required)

View Item View Item