Kontribusi Pembelajaran Akhlak Tasawuf terhadap Adversity Quotient Mahasiswa IAIN Salatiga Tahun 2017

Munawaroh, Fathimah (2017) Kontribusi Pembelajaran Akhlak Tasawuf terhadap Adversity Quotient Mahasiswa IAIN Salatiga Tahun 2017. Masters thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
FATHIMAH M 12010150045 TESIS (soft copy).pdf

Download (3MB)

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan utuk mengetahui (1) Praktik Pembelajaran Akhlak Tasawuf. (2) Adversity Quotient (AQ) mahasiswa IAIN Salatiga. (3) Kontribusi Pembelajaran Akhlak Tasawuf Terhadap Adversity Quotient (AQ) Mahasiswa IAIN Salatiga. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode wawancara, pengamatan (observasi), dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa, pertama, pebelajaran akhlak tasawuf di IAIN Salatiga termasuk kategori pembelajaran yang memenuhi komponen pembelajaran akhlak tasawuf, diantaranya menggunakan pendekatan pengalaman langsung dengan menggunakan metode proyek, dilengkapi dengan media dan sumber belajar yang relevan, memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk mengembangkan potensi dan memiliki tujuan ma’rifatullah. Kedua, kecerdasan adversity mahasiswa yang menunjukan kategori tinggi. Hal ini dibuktikan dengan tingginya rata-rata skor mahasiswa dalam penilaian sikap dan perilaku sesuai indikator AQ yang menunjukan skor 15 sampai 20. Ketiga, pembelajaran akhlak tasawuf memberikan kontribusi terhadap adversity quotient mahasiswa IAIN Salatiga dibuktikan dengan pembentukan sikap dan perilaku optimis, percaya diri, mampu berbesar hati, mampu menahan cela, bercita-cita besar, menerima kritik dan mampu mencapai target. Kata kunci : Pembelajaran Akhlak Tasawuf, Adversity Quotient

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Nov 2017 02:33
Last Modified: 06 Nov 2017 02:33
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1898

Actions (login required)

View Item View Item