NILAI ESTETIKA TARIAN KUDA LUMPING LANGKING TURONGGO KUPEN KLIWONAN DI DUSUN KLIWONAN DESA KUPEN KECAMATAN PRINGSURAT KABUPATEN TEMANGGUNG

Ervinasari, Tri (2023) NILAI ESTETIKA TARIAN KUDA LUMPING LANGKING TURONGGO KUPEN KLIWONAN DI DUSUN KLIWONAN DESA KUPEN KECAMATAN PRINGSURAT KABUPATEN TEMANGGUNG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi_Tri Ervinasari_53050190049.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tarian kuda lumping Langking Turonggo Kupen Kliwonan adalah kesenian yang berasal dari Dusun Kliwonan Desa Kupen Kecamatan Pringsurat Kabupaten Temanggung, yang menggambarkan sekelompok prajurit berkuda hendak pergi untuk berperang. Penelitian ini bertujuan untuk: 1.) Mendeskripsikan tarian kuda lumping Langking Turonggo Kupen Kliwonan, 2.) Mendeskripsikan nilai estetika tarian kuda lumping Langking Turonggo Kupen Kliwonan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data berasal dari sumber data primer yang diperoleh dari pengamatan dan wawancara langsung oleh sesepuh sanggar tari kuda lumping Langking Turonggo Kupen Kliwonan, pelatih tarian dan musik, penari kuda lumping, serta masyarakat sekitar. Sumber data sekunder diperoleh dari internet berupa jurnal online dan berita yang berkaitan dengan kesenian tarian jaran kepang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, tarian kuda lumping Langking Turonggo Kupen Kliwonan memiliki ciri khas yaitu adanya kesamaan dengan tarian Bali karena terdapat bagian tarian yang menunjukkan penari perempuan berlenggak-lenggok ditengah sekumpulan prajurit dan ditambah dengan adanya tarian leak. Kedua, memiliki nilai estetika dalam pertunjukan tarian kuda lumping Langking Turonggo Kupen Kliwonan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Seni dan Olah Raga
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2023 16:13
Last Modified: 02 Nov 2023 16:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18983

Actions (login required)

View Item View Item