PEMBENTUKAN SIKAP TOLERANSI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 2 AMBARAWA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Handayani, Tri Asih (2023) PEMBENTUKAN SIKAP TOLERANSI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 2 AMBARAWA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Tri Asih Handayani 23010150039.pdf

Download (4MB)

Abstract

Handayani, Tri Asih. 2022. Pembentukan Sikap Toleransi Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 2 Ambarawa Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Prodi Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Guntur Cahyono, M.Pd. Kata Kunci: Pembentukan Sikap, Toleransi Siswa, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui sikap toleransi siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 2 Ambarawa, (2) mengetahui upaya guru PAI dalam membentuk sikap toleransi siswa di SMP Negeri 2 Ambarawa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Data-data yang ada di dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi yang seletah itu dilakukan analisis data dengan cara mendeskripsikam data dari informasi yang didapat. Pada penelitian ini informasi diperoleh dari guru PAI dan siswa SMP Negeri 2 Ambarawa. Informan yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 8 orang yang terdiri dari 2 guru PAI dan 6 siswa. Hasil penelitian ini diantaranya: (1) Sikap toleransi siswa dalam pembelajaran PAI & BP sudah cukup baik berdasarkan sikap yang telah ditunjukkan seperti menghargai pendapat teman, menghargai orang lain, berteman dengan semua tanpa memandang latar belakangnya, siswa muslim ikut menjenguk jika ada siswa non-muslim yang sakit, memberikan kesempatan teman yang berbeda agama untuk berdoa/menjalankan ibadah, menyapa saat bertemu dengan teman/guru yang berbeda agama, saling tolong-menolong, tidak memusuhi/menjauhi teman yang berbeda ajaran dalam madzhabnya. Namun, masih ada juga kasus beberapa siswa yang kurang sikap toleransinya dalam hal umum bukan perkara agama seperti kurang menghargai pendapat orang lain, bullying, tidak mau ikut bekerjasama saat belajar kelompok, memilih-milih teman, mengucilkan teman yang nilainya jelek, suka menertawakan teman. (2) Upaya guru PAI dalam membentuk sikap toleransi siswa di SMP Negeri 2 Ambarawa yaitu melalui keteladanan, kegiatan rutin dan kegiatan spontan. Faktor pendukungnya adalah warga sekolah baik guru/siswa yang multikultural, visi misi sekolah dan kegiatan esktrakurikuler. Sedangkan hambatan yang dihadapi yaitu apabila ada siswa yang kurang memahami sikap toleransi dan lingkungan keluarga siswa yang memiliki fanatisme yang berlebihan atau kurang baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2023 17:06
Last Modified: 02 Nov 2023 17:06
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18990

Actions (login required)

View Item View Item