PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT OLEH KEMENTERIAN PUPR MELALUI PROGRAM BEDAH RUMAH BAGI KELUARGA PENERIMA BANTUAN DI DESA TERTEG KECAMATAN PUCAKWANGI KABUPATEN PATI

ikhwan, ali (2023) PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT OLEH KEMENTERIAN PUPR MELALUI PROGRAM BEDAH RUMAH BAGI KELUARGA PENERIMA BANTUAN DI DESA TERTEG KECAMATAN PUCAKWANGI KABUPATEN PATI. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI_ALI IKHWAN_43030190039.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_ALI IKHWAN_43030190039.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_ALI IKHWAN_43030190039.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan program bedah rumah dan untuk mengetahui hasil dari program bedah rumah tersebut dalam usaha meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Terteg Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang digunakan untuk menggambarkan, memahami, mengungkapkan, menyelidiki suatu peristiwa dalam kehidupan sosial yang berlangsung pada kondisi yang alami. Metode penilitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan menggunakan jenis pendekatan deskriptif kualitatif. Dimana peneliti menggambarkan atau memaparkan keadaan suatu objek (realitas atau fenomena) secara apa adanya, sesuai dengan situasi dan kondisi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Desa Terteg Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Program bedah rumah yang ada di desa Terteg merupakan program dari kementrian PUPR yang ditujukan untuk memperbaiki rumah masyarakat yang tidak layak dengan system swadaya. Bantuan ini diberikan kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Bentuk bantuan yang didapatkan dari program bedah rumah ini adalah material dan uang untuk membayar tukang, jumlah dana yang diberikan 20 juta. Ada 3 tahapan sebelum bantuan itu cair yaitu Pertama, sosialisasi tentang program bedah rumah. Kedua, pendataan penerima bantuan bedah rumah. Ketiga, pengumpulan berkas persyaratan sebagai penerima bantuan. (2) Faktor yang menghambat pelaksanaan program bedah rumah yang dialami perangkat desa antara lain, adanya pengunduran diri secara mendadak yang dilakukan oleh penerima bantuan. Adanya kepercayaan jawa. Sedangkan faktor penghambat yang dialami oleh penerima bantuan yaitu bahan material tidak bisa langsung sampai di rumah penerima bantuan. Faktor lainnya yaitu kurangnya tenaga teknis (tukang). (3) Kekurangan dari program bedah rumah ini adalah keterbatasan anggaran, pemilihan penerima bantuan, dan kekurangan lainya adalah pengawasan dan transparansi. (4) Program bedah rumah ini dapat meningkatkan kualitas rumah, fasilitas rumah, kesehatan keluarga, kepercayaan diri di masyarakat, ibadah keluarga dan bedah rumah ini juga dapat meningkatkan hubungan keluarga dengan masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2023 17:30
Last Modified: 02 Nov 2023 17:30
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18994

Actions (login required)

View Item View Item