Pengaruh Tabungan Wadiah, Deposito Mudharabah dan Pembiayaan Bermasalah Terhadap Profitabilitas dengan Pembiayaan Bagi Hasil Sebagai Variabel Intervening Pada Bank Umum Syariah (BUS) di Indonesia Periode 2016-2021

WULANDARI, DEICA INDRA (2023) Pengaruh Tabungan Wadiah, Deposito Mudharabah dan Pembiayaan Bermasalah Terhadap Profitabilitas dengan Pembiayaan Bagi Hasil Sebagai Variabel Intervening Pada Bank Umum Syariah (BUS) di Indonesia Periode 2016-2021. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI DEICA INDRA 63010190141.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI DEICA INDRA 63010190141.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI DEICA INDRA 63010190141.pdf

Download (2MB)

Abstract

Wulandari, Deica Indra. 2023. Pengaruh Tabungan Wadiah, Deposito Mudharabah Dan Pembiayaan Bermasalah Terhadap Profitabilitas Dengan Pembiayaan Bagi Hasil Sebagai Variabel Intervening Pada Bank Umum Syariah (BUS) di Indonesia Periode 2016-2021. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Strata Satu Perbankan Syariah Universitas Islam Negeri Salatiga (UIN) Salatiga. Dosen Pembimbing: Taufikur Rahman, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membuktikan pengaruh Tabungan Wadiah, Deposito Mudharabah dan Pembiayaan Bermasalah terhadap Profitabilitas dengan Pembiayaan Bagi Hasil Sebagai Variabel Intervening. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan data sekunder yang datanya berbentuk data panel dan diolah menggunakan software Eviews 10. Penelitian ini menggunakan populasi Bank Umum Syariah di Indonesia yang terdaftar di OJK periode 2016-2021. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 9 perusahaan dengan waktu 5 periode penelitian yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah uji deskriptif, uji stasioneritas, uji regresi, uji asumsi klasik, uji ststistik, uji path analysis, dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel tabungan wadiah dan deposito mudharabah berpengaruh positif tidak signifikan terhadap profitabilitas. Pembiayaan bermasalah dan pembiayaan bagi hasil tidak berpengaruh terhadap profitabilitas. Setelah dilakukan uji path analysis dan uji sobel, variabel pembiayaan bagi hasil tidak dapat memediasi pengaruh tabungan wadiah dan deposito mudaharabah terhadap profitabilitas. Pembiayaan bagi hasil dapat memediasi pengaruh pembiayaan bermasalah terhadap profitabilitas. Kata Kunci: Tabungan Wadiah, Deposito Mudharabah, Pembiayaan Bermasalah dan Pembiayaan Bagi Hasil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2023 17:33
Last Modified: 02 Nov 2023 17:33
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18995

Actions (login required)

View Item View Item