PERAN PENGASUH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BERIBADAH DAN KEMANDIRIAN SANTRI PONDOK PESANTREN AL ISTI’ANAH JOMBOR KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2023

Ningsih, Zumrotul Lutfia (2023) PERAN PENGASUH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BERIBADAH DAN KEMANDIRIAN SANTRI PONDOK PESANTREN AL ISTI’ANAH JOMBOR KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ZUMROTUL LUTFIA NINGSIH 23010190402. (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki 3 tujuan yaitu : 1) Untuk mengetahui peran pengasuh dalam meningkatkan kedisiplinan beribadah santri Pondok Pesantren Al-Isti‟anah Jombor Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun 2023. 2) untuk mengetahui peran pengasuh dalam meningkatkan kemandirian santri Pondok Pesantren Al-Isti‟anah Jombor Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun 2023. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dalam meningkatkan kedisiplinan beribadah dan kemandirian santri Pondok Pesantren Al-Isti‟anah Jombor Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun 2023. 4) Untuk mengetahui faktor penghambat dalam meningkatkan kedisiplinan beribadah dan kemandirian santri Pondok Pesantren Al-Isti‟anah Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data yang diperoleh dari sumber data primer yang berasal dari hasil wawancara pengasuh, ustadz-ustadzah dan santri Pondok Pesantren Al-Isti‟anah. Sumber data yang lain diperoleh dari sumber data sekunder yang berupa foto-foto kegiatan terkait kedisiplinan beribadah dan kemandirian santri, dokumen struktur organisasi pondok pesantren, jadwal kegiatan santri, tenaga pengajar pondok pesantren, fasilitas pondok pesantren, tata tertib pondok pesantren. pengumpulan data ini dilakukan dengan cara mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Pengasuh berperan langsung dalam meningkatkan kedisiplinan beribadah santri Pondok Pesantren Al Isti‟anah. Peran pengasuh dalam meningkatkan kedisiplinan beribadah yaitu dengan memberikan contoh kepada santri, sehingga dengan sendirinya santri akan mengikuti apa yang dilakukan oleh pengasuh, memberikan pengajaran kitab yang berkaitan dengan kedisiplinan beribadah, membimbing, memberikan arahan santri dengan nasehatnasehat. 2) Peran pengasuh dalam meningkatkan kemandirian santri dapat dilihat dari bentuk-bentuk kemandirian yang diajarkan. Bentuk kemandirian itu berupa: 1) Kemandirian emosi, Kemandirian ekonomi dan kemandirian sosial. Faktor pendukung kedisiplinan beribadah dan kemandirian santri adalah minat dan kesadaran santri, keterlibatan pengasuh dan lingkungan sekitar pondok pesantre. Adapun faktor penghambat kedisiplinan beribadah dan kemandirian adalah keadaan santri, pendidikan formal yang ada di luar pondok pesantren dan pola asuh orang tua.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2023 17:53
Last Modified: 02 Nov 2023 17:53
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18997

Actions (login required)

View Item View Item