ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BANGUN BALOK DAN PRISMA MENGGUNAKAN TEORI KASTOLAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 AMBARAWA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Saodah, (2023) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BANGUN BALOK DAN PRISMA MENGGUNAKAN TEORI KASTOLAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 AMBARAWA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SAODAH 23070190060..pdf

Download (5MB)
[img] Text
SAODAH 23070190060..pdf

Download (5MB)
[img] Text
SAODAH 23070190060..pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa serta mengetahui faktor-faktor penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut. Peneliti berharap hasil penelitian ini mampu membantu siswa dalam mengoreksi kesalahannya serta mengetahui letak kesalahannya guna diperbaiki dalam pengerjaan selanjutnya. Hasil penelitian ini juga diharapkan mampu memberikan wawasan serta pengetahuan yang lebih mengenai kesalahan menurut Kastolan baik untuk siswa, guru, maupun pembacanya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif . Subjek penelitian ini 9 siswa dari kelas VIII F SMP Negeri 2 Ambarawa. Teknik pengumpulan data penulis adalah dengan latihan soal, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan penulis adalah 5 butir soal tes dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan terbukti masih banyak dari siswa VIII F SMP Negeri 2 Ambarawa yang melakukan kesalahan berdasarkan teori Kastolan. Ada tiga kesalahan yang dilakukan siswa tersebut yaitu kesalahan konseptual, kesalahan prosedural, dan kesalahan teknik. Kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa kelas VIII F adalah kesalahan konseptual. Terdapat banyak faktor penyebab kesalahan tersebut seperti: lupa rumus, tidak menuliskan rumus, tidak fokus dalam mengerjakan soal, kurang teliti saat mengerjakan, dan tidak menguasai materi yang diberikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2023 18:16
Last Modified: 02 Nov 2023 18:16
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19001

Actions (login required)

View Item View Item