MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIDZ DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENANAMAN ADAB DALAM MENUNTUT ILMU SISWA PROGRAM UNGGULAN DI MTS N SALATIGA TAHUN 2023

Nyarminingsih, (2023) MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIDZ DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENANAMAN ADAB DALAM MENUNTUT ILMU SISWA PROGRAM UNGGULAN DI MTS N SALATIGA TAHUN 2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Bismillah. TESIS Nyarminingsih-Upload.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nyarminingsih. 2023. Manajemen Pembelajaran Tahfidz dan Implikasinya Terhadap Penanaman Adab Dalam Menuntut Ilmu Siswa Program Unggulan di MTs N Salatiga. Pembimbing: Dr. Ruwandi, M.A. Kata Kunci: Manajemen, Pembelajaran Tahfidz, Adab menuntut Ilmu. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisa manajemen pembelajaran tahfidz pada siswa program unggulan di MTs N Salatiga, (2) Menganalisa faktor pendukung dan penghambat manajemen pembelajaran tahfidz pada siswa program unggulan di MTs N Salatiga, (3) Menganalisa implikasi manajemen pembelajaran pembelajaran tahfidz terhadap penanaman adab menuntut ilmu siswa program unggulan di MTs N Salatiga Metode Penelitian Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berjenis naturalistic. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini terbagi menjadi dua, yaitu: sumber data primer dan sumber data sekunder. Sedangkah proses analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah (1) manajemen pembelajaran Tahfidz Al Qur’an MTs N Salatiga dibagi menjadi tiga tahapan. Pertama, perencanaan yang terdiri dari tahap seleksi penerimaan kelas Tahfidz Al Qur’an, target hafalan, cara hafalan dengan menggunakan metode talaqqi, tikrar, dan murojaah dalam menghafal Al Qur’an. Kedua, pelaksanaan yang terdiri dari pembukaan dimulai dengan sholat dhuha, berdoa, dan pemberian motivasi, Kegiatan inti terdiri dari Guru Tahfidz membimbing siswa mempersiapkan hafalan menggunakan metode menghafal Al Qur’an, Kegiatan penutup terdiri dari murojaah bersama dan doa pentup. Ketiga, tahap evaluasi terdiri dari evaluasi setiap hari, evaluasi per dua minggu, evaluasi tengah semester atau akhir semester, evaluasi simaul Qur’an. (2) faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung manajemen pembelajaran tahfidz pada siswa pada program unggulan MTs N Salatiga meliputi motivasi, pengajar yang kompeten sesuai bidang Tahfidzul Qur’an, kecerdasan siswa, pihak orang tua, dan sarana prasarana dari sekolah. Sedangkan faktor penghambat manajemen pembelajaran tahfidz pada siswa program unggulan MTs N Salatiga meliputi kurangnya jam pembelajaran tahfidz, rasa malas (bosan) dan tidak istiqomah dalam menghafal, dan lingkungan luar. (3) Implikasi manajemen pembelajaran Tahfidz Al Qur’an dalam penanaman adab menuntut ilmu di MTs N Salatiga yaitu (a) niat yang ikhlas dan sungguh-sungguh, (b) menghormati guru dan menhghargai ilmu, (c) istiqomah dan konsisten yaitu mengulang-ulang pembelajaran dengan murojaah hafalan Al Qur’an.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2023 19:51
Last Modified: 02 Nov 2023 19:51
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19007

Actions (login required)

View Item View Item