PENINGKATAN HASIL BELAJAR RISALAH SIFAT-SIFAT RASULULLAH MELALUI METODE FISHBOWL DAN MEDIA PIRAMIDA CERITA PADA KELAS VIII SMP N 2 AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024

Rahmah, Dinda Nurul Lailatur (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR RISALAH SIFAT-SIFAT RASULULLAH MELALUI METODE FISHBOWL DAN MEDIA PIRAMIDA CERITA PADA KELAS VIII SMP N 2 AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
REVISI SKRIPSI DINDA NURUL 23010190053.pdf

Download (4MB)
[img] Text
REVISI SKRIPSI DINDA NURUL 23010190053.pdf

Download (4MB)
[img] Text
REVISI SKRIPSI DINDA NURUL 23010190053.pdf

Download (4MB)
[img] Text
REVISI SKRIPSI DINDA NURUL 23010190053.pdf

Download (4MB)
[img] Text
REVISI SKRIPSI DINDA NURUL 23010190053.pdf

Download (4MB)
[img] Text
REVISI SKRIPSI DINDA NURUL 23010190053.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PAI melalui penerapan metode fishbowl dan media piramida cerita pada materi risalah sifat-sifat rasulullah pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Ambarawa Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek pada penelitian ini merupakan kelas VIII A di mana jumlah peserta didik sejumlah 34 orang. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yang mana masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu; perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik mengumpulkan data yang digunakan adalah lembar observasi, soal posttest, lembar penilaian keterampilan dan dokumentasi. Penelitian ini dapat dikatakan berhasil apabila peserta didik mencapai ketuntasan hasil belajar klasikal sebesar ≥85% dengan ketuntasan hasil belajar individu sebesar ≥75. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode fishbowl dan media piramida cerita dapat meningkatkan hasil belajar PAI kelas VIII A SMP Negeri 2 Ambarawa materi risalah sifat-sifat rasulullah. Hal tersebut dapat diketahui melalui peningkatan hasil belajar peserta didik pada tindakan siklus I, peserta didik yang tuntas sebanyak 8 peserta didik atau 24% dengan rata-rata nilai 70, sedangkan pada tindakan siklus II, peserta didik yang tuntas sebanyak 31 peserta didik atau 91% dengan rata-rata nilai 85. Hasil belajar mengalami peningkatan sebanyak 15 dengan persentase peningkatan 67%. Selain itu, berdasarkan hasil penilaian keterampilan peserta didik melalui tiga aspek yaitu proses perencanaan, pembuatan, dan akhir mendapatkan perolehan nilai rata-rata 3,19 yang masuk pada kategori baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2023 20:05
Last Modified: 02 Nov 2023 20:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19010

Actions (login required)

View Item View Item