IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DAN KARAKTER KEBANGSAAN PADA MAHASISWA DI FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SALATIGA TAHUN AKADEMIK 2021/2022

HAMIDAH, LULUK NUR (2023) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DAN KARAKTER KEBANGSAAN PADA MAHASISWA DI FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SALATIGA TAHUN AKADEMIK 2021/2022. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
LULUK NUR HAMIDAH 23010170365-2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LULUK NUR HAMIDAH 23010170365-1..pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu: (1) Untuk mengetahui implementasi nilai moderasi beragama dan karakter kebangsaan pada mahasiswa di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga.(2)Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam implementasi nilai moderasi beragama dan karakter kebangsaan pada mahasiswa di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, sumber data yang diperoleh berasal dari wawancara, observasi, dan dokumentasi.Pada penelitian ini informasi diperoleh dari pimpinan, dosen dan mahasiswa di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Informan yang telibat dalam penelitian ini berjumlah 14 orang yang terdiri dari 2 pimpinan, 3 dosen dan 10 mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Implementasi nilai moderasi beragama dan karakter kebangsaan pada mahasiswa dilakukan dengan berbagai macam prinsip dan indikator yang diwujudkan dengan Islam Washatiyah yang adil dan berimbang, komitmen kebangsaan, toleransi, tidak radikal dan akomodatif terhadap budaya lokal. Karakter kebangsaan dengan sikap religius, toleransi, disiplin dan mengutamkan musyawarah(2) Faktor penghambat dan pendukung implementasi nilai moderasi beragama dan karakter kebangsaan pada mahasiswa sangatlah beragam, yaitu perbedaan latar belakang, kurangnya kesadaran, kurangnya literasi. Sedangkan faktor yang mendukung yaitu faktor internal dari diri masing-masing dan faktor eksternal yang berasal dari orang-orang di sekitar, seperi teladan dari dosen, organisasi intra dan ekstra kampus, pertemanan, sosial danbudaya serta adanya peraturan yang harus ditaati.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2023 20:13
Last Modified: 02 Nov 2023 20:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19012

Actions (login required)

View Item View Item