PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 1 SELO

Elviyani, (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 1 SELO. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ELVIYANI 23040190032 fix!_054615.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ELVIYANI 23040190032 fix!_054615.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ELVIYANI 23040190032 fix!_054615.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ELVIYANI 23040190032 fix!_054615.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Elviyani. 2023. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN 1 Selo. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga, Pembimbing: Mei Prabowo, M.Kom. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Media Audio Visual, dan Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 1 Selo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian Pre-Experimental Design. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan total sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes, obsservasi, dan dokumentasi. Instrumen tes diuji menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji taraf kesukaran dan uji daya beda soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan uji Paired Sample T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas V di SDN 1 Selo memperoleh nilai pretest rata-rata sebesar 41,29 dan nilai posttest rata-rata sebesar 74,19 yang berarti mengalami peningkatan sebesar 32,9. Hal terseut dibuktikan dengan hasil uji paired samples t test yang menunjukkan bahwa Ha diterima Ho ditolak dengan thitung 17,111 > ttabel 2,0452 dan Pvalue 0,000 < 0,05, yang artinya terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 1 Selo.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2023 20:54
Last Modified: 02 Nov 2023 20:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19018

Actions (login required)

View Item View Item