POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK KELAS ATAS DI SEKOLAH DASAR NEGERI DUREN 03 KECAMATAN TENGARAN

Cahyani, Eka Nur (2023) POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK KELAS ATAS DI SEKOLAH DASAR NEGERI DUREN 03 KECAMATAN TENGARAN. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
23040190034 Eka Nur C Skripsi fix.pdf

Download (6MB)
[img] Text
23040190034 Eka Nur C Skripsi fix.pdf

Download (6MB)
[img] Text
23040190034 Eka Nur C Skripsi fix.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Cahyani, Eka Nur. 2023. Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Karakter Disiplin Peserta Didik Kelas Atas di Sekolah Dasar Negeri Duren 03 Kecamatan Tengaran. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendiidkan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Muhammad Arif Al Fikri, M.Pd. Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Karakter Disiplin Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pola asuh orang tua peserta didik kelas di Sekolah Dasar Negeri Duren 03 dalam mengembangkan karakter disiplin 2) Kendala yang ditemui orang tua dalam mengembangkan karakter disiplin peserta didik kelas atas di Sekolah Dasar Negeri Duren 03 dan 3) Upaya yang dilakukan orang tua dalam mengembangkan karakter disiplin peserta didik kelas atas di Sekolah Dasar Negeri Duren 03. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah wali kelas IV, V dan VI, orang tua peserta didik dan peserta didik. Adapun prosedur pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, display atau sajian data dan penyimpulan data. Kemudian dalam pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Orang tua yang menerapkan pola asuh demokratis kepada anaknya dapat mengembangkan karakter disiplin dalam diri anak sehingga mampu menunjukkan karakter disiplin yang baik dalam dirinya. 2) Kendala yang paling sering ditemui orang tua dalam mengembangkan karakter disiplin yaitu pekerjaan orang tua yang memiliki tuntutan kerja dari pagi hingga sore atau malam hari. Sehingga pekerjaan ini juga menjadi kendala orang tua akan berkurangnya waktu berkumpul dengan keluarga. Serta pengaruh globalisasi (TV, HP atau Game Online). 3) Upaya yang dilakukan orang tua dalam mengembangkan karakter disiplin peserta didik paling banyak adalah dengan adanya konsistensi keluarga, menerapkan aturan atau rutinitas harian anak serta ajarkan anak untuk berempati.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2023 20:56
Last Modified: 02 Nov 2023 20:56
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19019

Actions (login required)

View Item View Item