PEMBERDAYAAN KELOMPOK TANI HUTAN (KTH) MELALUI PROGRAM IJIN PEMANFAATAN HUTAN PERHUTANAN SOSIAL (IPHPS) DI DESA LEMBU KECAMATAN BANCAK KABUPATEN SEMARANG

WULANDARI, RISA SEPTI (2023) PEMBERDAYAAN KELOMPOK TANI HUTAN (KTH) MELALUI PROGRAM IJIN PEMANFAATAN HUTAN PERHUTANAN SOSIAL (IPHPS) DI DESA LEMBU KECAMATAN BANCAK KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Risa-PMI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi Risa-PMI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi Risa-PMI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi Risa-PMI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi Risa-PMI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Wulandari, Risa Septi. 2023. Pemberdayaan Kelompok Tani Hutan (KTH) melalui Program Ijin Pemanfaatan Hutan Perhutanan Sosial (IPHPS) di Desa Lembu Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang. Skripsi, Progam Studi Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Saipullah Hasan, M.A. Kata kunci : Pemberdayaan, Kelompok Tani, Perhutanan Tujuan dari penelitian yang akan dilakukan yaitu Dari rumusan masalah dikemukaan beberapa tujuan dari penelitian yang akan dilakukan adalah “Untuk mendeskripsikan proses pemberdayaan melalui Program Izin Pemanfaatan Hutan Perhutanan Sosial (IPHPS) di Desa Lembu Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan ada dua yaitu primer dan sekunder. Adapun sumber data primer yang diperoleh melalui wawancara dengan ketua dan anggota KTH LembuLestari. Sumber data sekunder diperoleh dari dokumentasi, data arsip organisasi, dan jurnal. Hasil penelitian ini adalah Bergantinya dari Kulin KK menjadi IPHPS dikarenakan adanya keresahan dari masyarakat karena pada saat Kulin KK berjalan yang garis besar tujuanya adalah mensejahterakan masyarkat atau petani hutan tetapi tidak efisien atau belumsepenuhnya membuat petani hutan menjadi sejahtera di karnakan dalam pembagian hasil komoditas setiap panen yaitu 30% untuk petani dan 70% untuk perhutani. Dengan prosentase tersebut kenyataanya belum dapat mensejahterakan para petani hutan. Pasca panen ada oknum Perhutani yang masih meminta uang imbalan (sering) sebesar 50.000 setiap petani. Maka dari itu banyak petani di daerah sana yang keluar dari Kulin KK dan berganti ke IPHPS yang di Kelola oleh KTH Lembu Lestari.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2023 21:15
Last Modified: 02 Nov 2023 21:15
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19023

Actions (login required)

View Item View Item