PEMBERDAYAAN REMAJA PEMERLU PELAYANAN KESEJAHTERAAN SOSIAL (PPKS) PADA PROGRAM REHABILITASI KARYA DI PANTI PELAYANAN SOSIAL ANAK (PPSA) “WIRA ADHI KARYA” UNGARAN KABUPATEN SEMARANG

Rosy, Navida Coulina (2023) PEMBERDAYAAN REMAJA PEMERLU PELAYANAN KESEJAHTERAAN SOSIAL (PPKS) PADA PROGRAM REHABILITASI KARYA DI PANTI PELAYANAN SOSIAL ANAK (PPSA) “WIRA ADHI KARYA” UNGARAN KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI NAVIDA-PMI_compressed.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Rosy, Navida Coulina. 2023. Pemberdayaan Remaja Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) Pada Program Rehabilitasi Karya Di Panti Pelayanan Sosial Anak (PPSA) “Wira Adhi Karya” Ungaran Kabupaten Semarang. Skripsi, Progam Studi Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Budi Sunarso, M.M.Pd., M.si Kata Kunci: Pemberdayaan, Remaja, Rehabilitasi Karya Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemberdayaan remaja pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS) pada program rehabilitasi karya di panti pelayanan sosial anak (PPSA) “Wira Adhi Karya” Ungaran, Kabupaten Semarang. Jenis penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer Dalam penelitian ini data primer yang didapatkan dari Kepala Sub. Bagian TU, pembimbing/pekerja sosial, penerima manfaat serta purna bina yang telah mengikuti kegiatan pelaksanaan pemberdayaan melalui program rehabilitasi karya yang ada di Panti Pelayanan Sosial Anak (PPSA) “Wira Adhi Karya” Ungaran. Sedangkan sumber data sekunder yang didapat berupa berbagai literatur bacaan, jurnal ilmiah, buku, artikel, foto kegiatan, arsip, dan catatan-catatan. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses pemberdayaan meliputi proses persiapan, pengkajian (Assesment), perencanaan alternatif program atau kegiatn, tahap pemformulasian program, tahapan pelaksanaan program atau kegiatan, evaluasi, serta tahap terminasi. Melalui program pemberdayaan memberikan banyak manfaat untuk penerima manfaat atau purna bina yang menjalankan program tersebut. Manfaat tersebut seperti menambah pengalaman, pengetahuan keterampilan kerja, menumbuhkan rasa mandiri, percata diri dan tanggung jawab serta memberikan peluang kerja hingga purna bina memiliki penghasilan secara mandiri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2023 21:22
Last Modified: 02 Nov 2023 21:22
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19024

Actions (login required)

View Item View Item