PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UMKM SUMBER BERKAH JAYA MELALUI PEMBUATAN REMPEYEK KACANG TANAH UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DUSUN KORIPAN DESA DAWUNG KECAMATAN TEGALREJO KABUPATEN MAGELANG

fuad, muhammad ahsan (2023) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UMKM SUMBER BERKAH JAYA MELALUI PEMBUATAN REMPEYEK KACANG TANAH UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DUSUN KORIPAN DESA DAWUNG KECAMATAN TEGALREJO KABUPATEN MAGELANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
REVISI FUAD MUNAQASYAH SIAP JILID!!!_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Fuad, Muhammad Ahsan. 2023. Pemberdayaan Masyarakat UMKM Sumber Berkah Jaya melalui Pembuatan Rempeyek Kacang Tanah untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Dusun Koripan Desa Dawung Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah Universitas Negeri Salatiga. Pembimbing: Imam Subqi, M.S.I., M.Pd. Kata Kunci: pemberdayaan masyarakat; UMKM: kesejahteraan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pemberdayaan masyarakat melalui pembuatan rempeyek kacang tanah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan untuk mengetahui dampak pemberdayaan masyarakat UMKM sumber berkah jaya melalui pembuatan rempeyek kacang tanah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Dusun Koripan, Desa Dawung, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan yang sifatnya deskriptif kualitatif. Data yang didapatkan bersumber dari data primer dan data sekunder. Pengumpulan data memalui wawancara dan observasi lapangan yang berkaitan dengan proses Pemberdayaan Masyarakat UMKM Sumber Berkah Jaya melalui pembuatan rempeyek kacang tanah. Pengumpulan data lain menggunakan sumber data sekunder yang berupa foto-foto kegiatan terkait proses pemberdayaan masyarakat di tempat pembuatan rempeyek kacang tanah serta profil dari desa Dawung itu sendiri. Uji keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, dalam proses pemberdayaan masyarakat yang dilakukan dengan membangun sebuah usaha pembuatan rempeyek kacang tanah dapat memberikan lapangan pekerjaan kepada masyarakat sekitar. Dampak yang dihasilkan dengan adanya pemberdayaan masyarakat umkm Sumber Berkah Jaya melalui pembuatan rempeyek kacang tanah dalam proses meningkatkan kesejahteraan masyarakat yaitu; dampak sosial, terciptannya sikap kemanusiaan seperti rasa tanggung jawab, kerjasama antara masyarakat, serta tingginya solidaritas antara masyarakat. Dampak ekonomi, mampu memperbaiki permasalahan ekonomi yang dialami dengan ikut serta bekerja sehingga mendapatkan upah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dampak pendidikan, masyarakat mampu mengetahui ilmu baru tentang dunia bisnis mulai dari produksi distribusi dan lainnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2023 21:29
Last Modified: 02 Nov 2023 21:29
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19025

Actions (login required)

View Item View Item