MANAJEMEN PEMBERDAYAAN MASYARAKATMELALUI HOME INDUSTRY KERAJINANBESEKIKANUNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAANMASYARAKAT DI DESA SUKOHARJOKECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG

apriliya, Elisa (2023) MANAJEMEN PEMBERDAYAAN MASYARAKATMELALUI HOME INDUSTRY KERAJINANBESEKIKANUNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAANMASYARAKAT DI DESA SUKOHARJOKECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
FIX ELISA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Apriliya, Elisa. 2023. Manajemen Pemberdayaan Masyarakat Melalui HomeIndustry Kerajinan Besek Ikan Untuk Meningkatkan KesejahteraanMasyarakat Di Desa Sukoharjo, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang. Skripsi, Progam Studi Pengembangan Masyarakat IslamFakultas DakwahUniversitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Sutrisno, M.Pd.I. Kata kunci : Manajemen, Pemberdayaan, Home Industry Menurut Chamber (1995) pemberdayaan merupakan suatu konsep dalammembangun ekonomi yang merangkum nilai masyarakat untuk membangunparadigma-paradigma baru yang bersifat Empowering and sustainable. Tujuanpenelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui manajemen home industry dan manajemen pemberdayaan; 2) Untuk mengetahui perubahan kondisi masyarakat dari sebelumdan sesudahadanya kerajinan besek ikan. Home industry kerajinan besek ikan merupakan tempat kreatifitas usahamasyarakat desa Sukoharjo yang diketuai/dipimpin oleh seseorang dari generasi kedua home industry ini. Manajemen pemberdayaan merupakan suatu proses dalammengatur ataumengelola inisiatif dan kreatifitas masyarakat untuk memulai kegiatan sosial dalam memperbaiki situasi dan kondisi baik bagi masyarakat maupun individu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang bersifat file research (studi lapangan). Penelitian ini dilakukan di Home Industry Kerajinan Besek Ikan Desa SukoharjoKecamatan Pabelan Kabupaten Semarang pada bulan Agustus sampai denganbulan September 2023. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian analisis data pada penelitian ini adalahreduksi daya, penyajian data, dan kesimpulan data. Pengecekan keabsahandatapada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi tekni, sumber, dan waktu. Hasil dari penelitian yang dilakukan di Home Industry Kerajinan BesekIkanDesa sukoharjo adalah: 1) Manajemen home industry merupakan perencanaan yang dilakukan secaraterorganisir terkait pengelolaan usaha yang dijalankan secara rumahan. Homeindustry kerajinan besek ikan, manajemen keuangannya sudah tertata denganbaik, hingga pemesanan kerajinan besek ikan bisa sampai keluar kota. 2) Perubahan yang terjadi pada masyarakat adalah mereka mempunyai kegiatanyang produktif sehingga ibu-ibu rumah tangga mampu mandiri dalammenghasilkan tambahan bagi keuangan keluarga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2023 21:42
Last Modified: 02 Nov 2023 21:42
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19026

Actions (login required)

View Item View Item