PEMBERDAYAAN KELOMPOK TERNAK“MARGOTENTREM” DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAANMASYARAKAT DI DESA SUGIHAN KECAMATANTENGARAN KABUPATEN SEMARANG

Ferdianto, Melki Wahyu (2023) PEMBERDAYAAN KELOMPOK TERNAK“MARGOTENTREM” DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAANMASYARAKAT DI DESA SUGIHAN KECAMATANTENGARAN KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
fix MELKI (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Ferdianto, Melki Wahyu. 2023. Pemberdayaan Kelompok Ternak “MargoTentrem” Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di DesaSugihan Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang. Skripsi, ProgamStudi Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah Universitas IslamNegeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Sri Suparwi, M.A. Kata kunci : Pemberdayaan, Kewirausahaan, Peternakan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya pengembangankewirausahaan mellaui kelompok ternak margo tentrem dan dampak kelompokternak margo tentrem terhadap usaha ternak desa Sugihan. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif deskriptif dengantujuan untuk mengetahui informasi mengenai sasaran penelitian secara detail karena pada jenis penelitian ini bertemu langsung dengan responden denganmelakukan wawancara dan observasi. Penelitian ini dilakukan pada KelompokTernak Margo Tentrem di Desa Sugihan Kecamatan Tengaran KabupatenSemarang pada bulan Agustus sampai September 2023. Sumber data penelitianini berupa data primer dan data sekunder.Teknik pengumpulan data pada penelitianini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian analisis data padapenelitian ini adalah reduksi daya, penyajian data, dan kesimpulan data. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi tekni, sumber, dan waktu. Hasil penelitiannya pemberdayaan kewirausahaan melalui kelompok ternak“margo tentrem” desa Sugihan ada 5 upaya yaitu:1)Memperhatikan segmentasi pemasaran 2) Memilih bibit sapi yang unggul 3) Memperhatikan lokasi dalampembuatan kandang 4) Memperhatikan kualitas pakan sapi 5) memelihara sapi dan merawatnya dengan baik. Adanya upaya tersebut dapat membantu peternakdalam meningkatkan usaha ternaknya, baik usaha ternak sapi potong maupunsapi perah yang dilakukan dengan prosedur yang benar. Sehingga menghasilkankualitas sapi ternak yang bagus untuk dijualkan dipasaran. Adapun hasil penelitian yang kedua adalah pengaruh adanya kelompok ternak margo tentremdi desa Sugihan juga berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat, sehinggamereka mendapatkan keuntungan yang tinggi dari usaha ternak. Dampak adanyakelompok ternak “margo tentrem” membawa keuntungan lebih bagi peternak. Karena adanya relasi antar peternak dalam meningkatkan pengetahuan merekadalam beternak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2023 21:51
Last Modified: 02 Nov 2023 21:51
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19028

Actions (login required)

View Item View Item