PENINGKATAN MINAT BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI PAHLAWAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBANTUAN MEDIA KOMIK SEJARAH PADA SISWA KELAS IV DI MI MA’ARIF KUTOWINANGUN KECAMATAN TINGKIR KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Nabila, Jana In (2023) PENINGKATAN MINAT BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI PAHLAWAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBANTUAN MEDIA KOMIK SEJARAH PADA SISWA KELAS IV DI MI MA’ARIF KUTOWINANGUN KECAMATAN TINGKIR KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI-JANA IN NABILA-23040190122.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI-JANA IN NABILA-23040190122.pdf

Download (5MB)

Abstract

Nabila, Jana In. 2023. Peningkatan Minat Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Pahlawan Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Berbantuan Media Komik Sejarah pada Siswa Kelas IV di MI Ma’arif Kutowinangun Kecamatan Tingkir Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Setiorini Rahma Safitri, M.Pd. Kata Kunci : Minat Belajar, Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Media Komik Sejarah Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa dalam mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan minat belajar IPS melalui model pembelajaran CIRC berbantuan media komik sejarah pada siswa kelas IV A MIS Ma’arif Kutowinangun tahun pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Langkah-langkah penelitian tindakan kelas meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A MIS Ma’arif Kutowinangun dengan jumlah 16 siswa. Indikator keberhasilan penelitian yaitu 70% dari keseluruhan siswa memiliki minat belajar dengan kategori baik dan sangat baik. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penggunaan model CIRC berbantuan media komik sejarah dapat meningkatkan minat belajar siswa. Pada pra siklus dari hasil angket terdapat 2 siswa (12,5%) kategori baik dan 1 siswa (6,2%) sangat baik, sedangkan hasil observasi terdapat 2 siswa (12,5%) kategori baik. Pada siklus I hasil angket dan observasi siswa menunjukkan 7 siswa (43,8%) kategori baik dan 3 siswa (18,8%) kategori sangat baik. Pada siklus II hasil angket dan observasi siswa menunjukkan 3 siswa (18,8%) kategori baik dan 11 siswa (68,8%) kategori sangat baik. Persentase pada pra siklus dari hasil angket yaitu 18,7% sedangkan dari hasil observasi 12,5%. Kemudian pada siklus I hasil angket dan observasi memiliki skor yang sama dengan persentase 62,6% mengalami peningkatan, namun belum mencapai keberhasilan secara klasikal sehingga penelitian dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II hasil angket dan observasi memiliki skor yang sama juga sebanyak 87,6% yaitu ≥ 70% maka penelitian ini dihentikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Nov 2023 00:42
Last Modified: 03 Nov 2023 00:42
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19034

Actions (login required)

View Item View Item