KOMPARASI ANALISIS FRAMING MEDIA PEMBERITAAN REPUBLIKA.CO.ID DAN KOMPAS.COM TENTANG PENCABULAN SANTRI DI PESANTREN AL-MINHAJ BATANG

Chadida, Chafiva Ainastasia (2023) KOMPARASI ANALISIS FRAMING MEDIA PEMBERITAAN REPUBLIKA.CO.ID DAN KOMPAS.COM TENTANG PENCABULAN SANTRI DI PESANTREN AL-MINHAJ BATANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi chafiva ainastasia.pdf

Download (8MB)
[img] Text
skripsi chafiva ainastasia.pdf

Download (8MB)
[img] Text
skripsi chafiva ainastasia.pdf

Download (8MB)
[img] Text
skripsi chafiva ainastasia.pdf

Download (8MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui frame yang digunakan media online Republika.co.id dan Kompas.com terhadap pemberitaan pencabulan di pesantren Al-Minhaj Batang serta untuk mengetahui perbedaan frame dalam memberitakan tentang pencabulan di pesantren Al-Minhaj Batang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah dengan library research yaitu menggunakan data dari literatur dan mempelajari buku-buku yang berkaitan dengan penelitian, serta teori yang digunakan sebagai bahan skripsi. Paradigma yang digunakan peneliti adalah paradigma konstruksionis dengan menggunakan konsep framing model Robert N. Entman dengan empat elemen yaitu, define problem (pendefinisian masalah), diagnose causes (memperkirakan masalah), moral evaluation (membuat keputusan moral), dan treatment recommendation (menekankan penyelesaian). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ditemukan perbedaan dalam penyajian berita pada masing-masing media, berdasarkan dari empat elemen framing. Pemberitaan tentang “Pencabulan Santri Di Peantren Al-Minhaj” pada media Republika.co.id lebih mengedepankan penanganan terhadap korban pencabulan. Sedangkan framing Kompas.com pada berita ini lebih menunjukkan terhadap penanganan dan sosialisasi agar kasus ini tidak terjadi lagi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Nov 2023 14:47
Last Modified: 03 Nov 2023 14:47
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19054

Actions (login required)

View Item View Item