PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBAHAN LOOSE PARTS UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK KELOMPOK B DI TK ISLAM AL-HUSNA SALATIGA TAHUN 2022/2023

sari, Khusnul yulita (2023) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBAHAN LOOSE PARTS UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK KELOMPOK B DI TK ISLAM AL-HUSNA SALATIGA TAHUN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
KHUSNUL YULITA SARI 23050190031.pdf

Download (4MB)
[img] Text
KHUSNUL YULITA SARI 23050190031.pdf

Download (4MB)
[img] Text
KHUSNUL YULITA SARI 23050190031.pdf

Download (4MB)

Abstract

Sari, Khusnul Yulita. 2023. Penggunaan Media Pembelajaran Berbahan Loose Parts Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Kelompok B di Tk Islam AL-Husna Salatiga Tahun 2022/2023. Skripsi. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Agung Hidayatulloh, S.S.,M.Pd.I. Kata kunci: Penggunaan Media Pembelajaran, Loose Parts, Kreativitas Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan loose parts untuk anak kelompok B dalam mengembangkan kreativitas di TK Islam AL-Husna tahun 2022/2023. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitataif atau naturalistic inquiry. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer yaitu wawancara dengan kepala sekolah TK, guru kelas B dan salah satu siswa-siswi di kelas B. Sedangkan untuk data sekunder berupa lokasi Tk, daftar guru, daftar siswa, dokumen RPPH dan foto. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Dalam pengecekan keabsahan data penulis menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian penggunaan bahan loose parts digunakan dalam pembelajaran sehari-hari dengan bermacam-macam tema. Bahan loose parts yang sering digunakan di kelas B Tk Islam AL-Husna ada 4 bahan loose parts yaitu loose parts bahan alam, kayu dan bambu, plastik dan bekas kemasan. Adapun penggunan bahan loose parts di kelas B adalah dengan mengkombinasikan antara bahan loose parts dari bahan alam dengan loose parts lainya, sehingga dalam satu karya itu terdapat beberapa macam bahan loose parts yang berbeda. Dan menghasilkan suatu karya sesuai dengan tema pembelajaran. Dengan bahan loose parts tersebut kreativitas anak berkembang sesuai dengan ciri-ciri kreativitas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Nov 2023 15:55
Last Modified: 03 Nov 2023 15:55
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19057

Actions (login required)

View Item View Item