PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA ALBUM HERBARIUM KELAS VII DI SMP AL-BAHRI SCHOOL BANTARKAWUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Mahira, Tiara Anggun (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA ALBUM HERBARIUM KELAS VII DI SMP AL-BAHRI SCHOOL BANTARKAWUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Tiara Anggun Mahira 23060190037.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Tiara Anggun Mahira 23060190037.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Tiara Anggun Mahira 23060190037.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Tiara Anggun Mahira 23060190037.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Tiara Anggun Mahira 23060190037.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Tiara Anggun Mahira 23060190037.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Tiara Anggun Mahira 23060190037.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Tiara Anggun Mahira 23060190037.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Tiara Anggun Mahira 23060190037.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran project based learning dengan media album herbarium materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII di SMP Al Bahri School Bantarkawung tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan untuk memperbaiki proses pembelajaran di kelas. Langkah-langkah PTK diantaranya sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Al Bahri School Bantarkawung yang berjumlah 28 siswa. Pada siklus I siswa membuat proyek herbarium dan pada siklus II siswa membukukan herbarium tersebut (album herbarium). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu RPP, lembar observasi siswa dan guru, lembar angket, dan lembar soal. Siswa dikatakan tuntas jika ketuntasan individu mencapai ≥70, dan indikator keberhasilan kelas jika siswa yang tuntas ≥ 85%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peningkatan tersebut nilai ratarata kelas yang diperoleh sebesar 45 berkategori cukup dengan jumlah siswa tuntas 3 dan 25 siswa tidak tuntas, dimana persentase keberhasilan 11% belum mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas mencapai 81,6 berkategori sangat baik dengan jumlah siswa tuntas 26 dan 2 siswa yang tidak tuntas, persentase ketuntasan mencapai 93% dan sudah mencapai indikator yang ditentukan. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan hasil belajar materi klasifikasi makhluk hidup dengan media album herbarium kelas VII di SMP Al Bahri School Bantarkawung tahun pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Nov 2023 16:24
Last Modified: 03 Nov 2023 16:24
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19060

Actions (login required)

View Item View Item