PENGARUH INTIMATE FRIENDSHIP DAN MOTIF DIVERSI TERHADAP SELF DISCLOSURE PADA SISWA PENGGUNA INSTAGRAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 REMBANG

raras, Anindita anggana (2023) PENGARUH INTIMATE FRIENDSHIP DAN MOTIF DIVERSI TERHADAP SELF DISCLOSURE PADA SISWA PENGGUNA INSTAGRAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 REMBANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI ANIN AFTER REVISI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh intimate friendship terhadap self disclosure pada siswa pengguna instagram di MAN 2 Rembang, 2) Untuk mengetahui pengaruh motif diversi terhadap self disclosure pada siswa pengguna instagram di MAN 2 Rembang, 3) Untuk mengetahui pengaruh intimate friendship dan motif diversi secara bersama-sama terhadap self disclosure. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier berganda. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan kuesioner. Skala yang digunakan yaitu Skala Intimate Friendship, Skala Motif Diversi, dan Skala Self Disclosure. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 12 pengguna instagram di MAN 2 Rembang yang berjumlah 452 siswa, dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 82 siswa. Untuk teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan teknik simple random sampling. Hasil uji analisis data menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan intimate friendship terhadap self disclosure pada siswa pengguna instagram di MAN 2 Rembang. Hal ini diketahui berdasarkan hasil uji t yang memperoleh nilai thitung>ttabel, yaitu 2,564>1,989, dengan nilai signifikansi 0,012<0,05, artinya hipotesis diterima. 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan motif diversi terhadap self disclosure pada siswa pengguna instagram di MAN 2 Rembang. Hal ini diketahui dari hasil uji t yang memperoleh nilai thitung>ttabel, yaitu 2,982>1,989, dengan nilai signifikansi 0,004<0,05, artinya hipotesis diterima. 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan intimate friendship dan motif diversi secara bersama-sama terhadap self disclosure pada siswa pengguna instagram di MAN 2 Rembang. Hal ini diketahui dari hasil uji F yang memperoleh nilai Fhitung>Ftabel, yaitu 6,635>3,11, dengan nilai signifikansi 0,002<0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan ditunjukkannya nilai koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,649 atau 64,9%, dapat disimpulkan bahwa persentase kontribusi intimate friendship dan motif diversi terhadap self disclosure pada siswa pengguna instagram di MAN 2 Rembang sebesar 64,9%, dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Nov 2023 17:17
Last Modified: 03 Nov 2023 17:17
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19062

Actions (login required)

View Item View Item