PENGEMBANGAN KUIS INTERAKTIF TERINTEGRASI JOYFULL LEARNING DAN LABYRINTH GAME PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN KENAMPAKAN BUATAN

AL'ALAWI, ATQIYA' (2023) PENGEMBANGAN KUIS INTERAKTIF TERINTEGRASI JOYFULL LEARNING DAN LABYRINTH GAME PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN KENAMPAKAN BUATAN. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS UPLOAD ALAWI 009.pdf

Download (3MB)
[img] Text
TESIS UPLOAD ALAWI 009.pdf

Download (3MB)

Abstract

Alawi, Atqiya’ Al. (2023). Pengembangan Kuis Interaktif Terintegrasi Joyfull Learning dan Labyrinth Game pada Pembelajaran Tematik Muatan IPS Materi Kenampakan Alam dan Kenampakan Buatan. Program Pascasarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Islam Negeri Salatiga. Tesis. Pembimbing: Dr. Maslikhah, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kuis interaktif terintegrasi joyfull learning dan labyrinth game pada pembelajaran tematik muatan IPS materi kenampakan alam dan kenampakan buatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan subjek penelitiannya adalah guru dan siswa kelas V MI Husnul Khatimah Tembalang Kota Semarang. Instrumen pengumpulan data menggunakan wawancara, test, dan angket/kuesioner. Proses pengembangan kuis interaktif terintegrasi joyfull learning dan labyrinth game dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, and Evaluation). Produk dikembangkan sesuai dengan analisis kebutuhan kemudian produk diuji kelayakannya dan direvisi hingga layak untuk diimplemantasikan dalam pembelajaran. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa media kuis interaktif terintegrasi Joyfull Learning dan Labyrinth Game menggunakan berbasis teknologi berupa animasi, video, gambar yang menarik dan dikemas menjadi kuis interaktif yang dapat membangun interaksi timbal balik kepada peserta didik dengan beberapa soal pertanyaan atau kuis terkait dengan materi pelajaran dan games sebagai sarana pendukung keberhasilan proses pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik serta sebagai bentuk inovasi yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil uji kelayakan atau validasi dari ahli media mendapatkan jumlah persentase rata-rata sebanyak 91,0% atau skor 51, dan ahli materi sebanyak 87,5% atau skor 42. Hasil dari validator ahli media dan ahli materi menunjukkan bahwa media belajar kuis interaktif terintegrasi Joyfull Learning dan Labyrinth Game layak untuk digunakan. Efektivitas media belajar kuis interaktif terintegrasi Joyfull Learning dan Labyrinth Game ditunjukkan dari hasil perhitungan t test terhadap nilai pretest dan postest siswa. Hasil Paired Samples Statistics menunjukkan uji nilai t dan t tabel terhitung 15,424 > 1,697 dengan nilai signifikan sebesar 0.001 < 0.05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Ada perbedaan yang signifikan antara data pretest dan postest, sehingga dapat disimpulkan bahwa pada pengembangan media belajar kuis interaktif terintegrasi Joyfull Learning dan Labyrinth Game pada pembelajaran tematik muatan IPS materi kenampakan alam dan kenampakan buatan di Indonesia efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Husnul Khatimah Tembalang Kota Semarang. Kata Kunci: Kuis Interaktif, Joyfull Learning, Labyrinth Game, IPS, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Nov 2023 20:06
Last Modified: 03 Nov 2023 20:06
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19076

Actions (login required)

View Item View Item