PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI RUKHSAH : KEMUDAHAN DARI ALLAH DALAM BERIBADAH KEPADA-NYA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA POSTER COMMENT PADA SISWA KELAS VII D SMP DHARMA LESTARI SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023

HILMY, MUHAMMAD IQBAL (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI RUKHSAH : KEMUDAHAN DARI ALLAH DALAM BERIBADAH KEPADA-NYA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA POSTER COMMENT PADA SISWA KELAS VII D SMP DHARMA LESTARI SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
MUHAMMAD IQBAL HILMY-23010190203-PAI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
MUHAMMAD IQBAL HILMY-23010190203-PAI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Hilmy, Muhammad Iqbal, 2023. Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Materi Rukshah : Kemudahan dari Allah Dalam Beribadah Kepada-Nya Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Media Poster Comment Pada Siswa Kelas VII D SMP Dharma Lestari Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam. Universitas Islam Negri (UIN) Salatiga. Pembimbing : Agus Purnomo, M. Eng. Kata Kunci : Hasil Belajar, Problem Based Learning Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik di sekolah Dharma Lestari Salatiga. Adapun judul penelitian yang diajukan adalah “Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Materi Rukhsah : Kemudahan Dari Allah Dalam Beribadah Kepada-Nya Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Media Poster Comment Pada Siswa Kelas VII D SMP Dharma Lestari Salatiga Tahun Ajaran 2022/2023”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pendidikan agama islam dan budi pekerti materi Rukhsah : kemudahan dari allah dalam beribadah kepada-Nya melalui model Problem Based Learning berbantu media Poster Comment. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII D dengan jumlah 32 orang. Temuan penelitian ini sebagai berikut : pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning sudah sesuai dengan prosedur pelaksanaan pembelajaran, dan meningkatkan nilai rata-rata pada kelas. Hasil belajar pada siklus I meningkat yaitu sebanyak 21 peserta didik mencapai KKM dengan nilai rata-rata kelas sebesar 75,93% dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 65,62%. Dan dilanjutkan perbaikan nilai pada siklus II, hasil belajar pada siklus ini meningkat yaitu seluruh peserta didik mencapai KKM dengan nilai rata-rata 90,09% dengan tingkat ketuntasan belajar 100%, maka target yang diinginkan telah tercapai untuk ketuntasan hasil belajar peserta didik, karena pada akhir siklus telah mencapai sesuai target yang telah ditentukan yaitu 75%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Nov 2023 20:27
Last Modified: 03 Nov 2023 20:27
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19082

Actions (login required)

View Item View Item